Sabtu, 25 Mei 2019 | 12:01 WIB

Mengenal Gedung PN Bandung, Dibangun Zaman Daendels & Simpan Berkas Putusan Berusia Ratusan Tahun

foto

 

Koleksi berkas-berkas putusan pengadilan yang berusia ratusan tahun di Museum Mini Pengadilan Negeri Bandung. L‎aporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna.

www.transaktual.com

Gedung Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Jalan LLRE Martadinata merupakan satu dari sekian gedung heritage di Kota Bandung.

Dikutip dari situs Pengadilan Negeri Bandung, pembangunan gedung ini tidak lepas dari pendirian dan perluasan Bandung oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendless pada 1811 yang sedang membangun jalan raya pos dari Anyer hingga Panarukan.

Sebagai kota yang baru berdiri saat itu, dibutuhkan fasilitas lain untuk menunjang sebuah kota, seperti alun-alun, gedung pemerintahan ‎hingga gedung pengadilan.

Dikutip dari laman pengadilan, gedung pengadilan ini semula hak milik eigondom nomor 3612 pada 1919.

Eigendom merupakan hak milik yang pengaturannya lewat sistem hukum barat sebelum Undang-undang Pokok Agraria yang terbit tahun 1960 berlaku.

Gedung pengadilan ini, sudah berfungsi sebagai pengadilan sebelum ‎Undang-undang Pokok Agraria berlaku.

Tidak heran PN Bandung masih menyimpan berkas-berkas berusia puluhan hingga ratusan tahun termasuk berkas-berkas putusan pengadilan.

Berkas-berkas putusan itu kini disimpan salah satunya di perpustakaan mini PN Bandung.

Perpustakaan mini berada di ruang tunggu hakim yang posisinya berada di dalam gedung tempat ruangan hakim, ruang mediasi, dan ruang ketua pengadilan. ‎

(tribunjabar.id/transact)

Mega Nugraha