Senin, 16 Sepember 2019 | 06:56 WIB

Adab Minum Sesuai Sunnah Rasulullah

foto

 

Adab Saat Minum

MENARAISLAM.NEWS,-  Minum merupakan salah satu kebutuhan manusia. Sebab tubuh manusia butuh cairan untuk menyegarkan dahaga, sumber energi, pembuang racun, menambah oksigen, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Saat melakukan aktivitas minum tentu tidak sembarangan. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai teladan umat manusia di bumi telah menyontohkan minum yang baik dan benar agar minuman yang diminum menyehatkan tubuh dan berkah bagi yang meminum.

Lantas, seperti apa adab Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika minum? Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa adab minum yang diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam minum dengan tangan kanan. Dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR. Muslim : 2020).

Selain memerintahkan mimun dengan tangan kanan, Beliau melarang bernafas di dalam bejana (gelas) ketika sedang minum. Ia bersabda,

“Apabila satu dari kalian minum makan janganlah bernafas di bejana (gelas), dan jika salah seorang dari kalian kencing, janganlah ia memegang dzakar (kemaluannya) dengan tangan kanan, jika membersihkan jangan membersihkan dengan tangan kanan.” (HR. Bukhari : 5630).

Pekara adab minum tidak hanya berlaku bagi orang yang melakukan aktivitas minum. Tetapi jika kepada orang yang menyuguhkan minum. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan pemberi minuman, minum terakhir. Dari Abu Qatadah r.a berkata,

“Rasulullah berkhutbah kepada kami dan di akhir khutbahnya beliau bersabda, “Sesungguhnya orang yang memberi minum suatu kaum maka dialah yang minum terakhir kali.” (HR. Muslim : 681).

Selanjutnya adalah menutup minuman. Dari Jabir r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tutuplah pintumu, sebutlah nama Allah, matikan lampu dan sebutlah nama Allah, kencangkan (tutup) minumanmu dan sebutlah nama Allah, tutuplah bejanamu dan sebutlah nama Allah, meski kamu menutupinya dengan sesuatu (yang bukan tutupnya).” (HR. Bukhari : 3280 dan Muslim : 2012)