Kamis, 14 November 2019 | 05:11 WIB

Kejaksaan Negeri Bandung Bakar 16 Kg Ganja dan Musnahkan 2,6 Sabu Sitaan

foto

 

Kejaksaan Negeri Bandung Bakar 16 Kg Ganja dan Musnahkan 2,6 Sabu Sitaan.

Bandung – www.transaktual.com

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung memusnahkan sejumlah barang bukti narkotik. Ganja seberat 16 kilogram dimusnahkan dengan cara dibakar. 

"Ini barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap dan telah melalui proses persidangan," ucap Kajari Bandung Nurizal Nurdin saat memimpin pemusnahan di gedung Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (6/11/2019). 

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain 16 kilogram ganja, 17 gram kokain, 2,6 kilogram sabu-sabu, 2 kilogram tembakau Gorilla, dan 5.156 tablet psikotropika. Barang bukti tersebut didapat dari 678 perkara pidana umum dan khusus yang ditangani jaksa Kejari Bandung dari September 2018 hingga September 2019. 

Proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar untuk barang bukti ganja. Sedangkan pemusnahan sabu-sabu dan lainnya dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam cairan kimia. 
"Untuk pidana khusus kami ada satu perkara tentang penyelundupan 146 bibit lobster," kata Nurizal. 

Nurizal menambahkan, selain narkotik, pihaknya memusnahkan barang bukti lain hasil penanganan perkara perjudian, UU Kesehatan, senjata api, dan minuman keras. 
"Perjudian sebanyak 26 perkara, UU Kesehatan 19 perkara, minuman keras 420 botol, dan senjata api," kata Nurizal.

Sabu-sabu, Ganja, hingga Kokain Dimusnahkan Kejari Bandung, Senjata Api Pun Turut Dimusnahkan

Barang bukti sabu-sabu seberat 2,6 kilogram senilai Rp 1,3 miliar dimusnahkan aparat Kejaksaan Negeri Bandung pada Rabu (6/11/2019). Pemusnahaan dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan.

"Barang yang dimusnahkan hasil rampasan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, baik dari pidana umum maupun pidana khusus," kata Kepala Kejari Bandung, Nurizal Nurdin.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dihancurkan di mesin mixer, dibakar hingga menggunakan alat berat. selain sabu-sabu, barang bukti yang dimusnahkan yakni 16,8 kg ganja, 2 kg tembakau gorilla, 17,6 gram kokain.

Kemudian obat keras jenis psikotoprika berbagai merek seperti ekstasi, dumolid dan xanax. Selain itu, peralatan kosmetik, obat-obatan hingga makanan ilegal juga turut dimusnahkan.

"Ada juga barang bukti lain seperti ponsel, jamu, kosmetik, obat ilegal, mi berformalin, makanan senjata api hingga ratusan botol berisi minuman keras," katanya.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan pemusnahan itu bukti keseriusan Muspida Kota Bandung untuk memberantas hal-hal yang bisa merugikan masyarakat Kota Bandung.

"Kami apresiasi para penegak hukum mampu memberantas penyakit masyarakat seperti peredaran narkotika yang membahayakan hingga hal-hal lain yang merugikan masyarakat," katanya.

(Fer/transakt)