Selasa, 20 Agustus 2019 | 04:36 WIB

Diduga Pemerintah Daerah Tapteng Klaim Tanah Masyarakat 0,75 Ha Jadi Aset Pemda

foto

 

Pemerintah Daerah Tapteng Klaim Tanah Masyarakat 0,75 Ha Jadi Aset Pemda

Trans Aktual (Tapteng)

Sungguh tak dimengerti moralitas Pemda Tapteng sejak dulu (tahun 2000 hingga tahun 2019) Pemda Tapteng tampaknya ngotot mengklaim tanah masyarakat seluas 0,75 Ha menjadi asetnya sendiri tanpa dapat dibuktikan dengan alas haknya seperti sertifikat tanah atas hak Pemda Tapteng.

Pengklaiman Pemda Tapteng tersebut atas pertapakan dan pekarangan Sekolah Dasar Negeri No. 158287 Trans Mahalasa Janggut Kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah yang saat ini menjadi Kelurahan Bajamas Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah dan nama sekolah tersebut telah berubah menjadi SD Negeri No. 158287 Bajamas – 1.

Anehnya sebut Rudy Tetty selaku Ahli Waris dari sang ayahnya Johnny Tetty saat dimohonkannya kepada Pemda Tapteng sekitar bulan Oktober 2018 yang lalu atas pengklaiman Pemda Tapteng atas tanahnya seluas 0,75 Ha yang di dirikan Pemda Tapteng Gedung SD Negeri 158287 Bajamas – 1 yang seharusnya luas yang boleh mereka kuasai hanya 0,25 Ha, keluhnya kepada Trans Aktual.

Pasalnya Kepala Kelurahan Bajamas saat itu pada pertemuan di Pemda Tapteng mengatakan bahwa tanah tersebut diragukan tidak sesuai dengan sertifikat yang dipegang oleh Rudy Tetty yang masih belum balik nama dari Sumadi.

Yang menjadi pertanyaan apakah ada persekongkolan sebelum pertemuan terjadi antara Kabag Aset Pemda Tapteng dengan Kabag Hukum dan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Tapteng serta dengan Kepala Kelurahan Bajamas Kecamatan Sirandorung sehingga Lurah Bajamas Kecamatan Sirandorung dalam pertemuan tersebut mengatakan meragukan tanah pertapakan sekolah tersebut  sesuai dengan sertifikat yang dipegang Rudy Tetty yang bernomor A. 1422322 atas persil nomor 487, sebab sebelum saya Kepala Kelurahan, dulunya saya Kepala Desa Bajamas tahun 2000 sebutnya, saat itu banyak penjualan sertifikat yang tidak pas dengan lokasi tanahnya sebutnya.

Meskipun dalam pertemuan tersebut Rudy Tetty menampakkan asli surat sertifikat dan surat penjualan tanah di bawah tangan antara Sumadi (Penjual) dan Johnny Tetty (Pembeli) ayah dari Rudy Tetty yang turut ditandatangani Kepala Desa Bajamas saat itu Payaman Simamora pada tanggal 10 April 1998.

Saat Wartawan TransAktual mengkonfirmasi Sumadi pada Mei 2019 lalu di depan Kantor Notaris Sarmin G. Munthe, SH seputar benar tidaknya sertifikat nomor A. 1422322 persil nomor 487 dijualnya di bawah tangan kepada Johnny Tetty, menjawab Trans Aktual, benar saya jual, dan dalam hal itulah kehadiran saya sekarang untuk menandatangani jual beli resmi (balik nama resmi) di Notaris ini jelasnya.

Sumadi Kelahiran Brumbung 1951 Jawa Timur itu menambahkan kepada Trans Aktual bahwa tidak ada keraguan keabsahan tanah tersebut sebagaimana yang tertera pada sertifikat atas nama saya sendiri bernomor A. 1422322 persil nomor 487 yang mana diatas tanah tersebut telah dibangun 1 sekolah dasar.

Sebagai tambahan bukti benar tidaknya tanah sertifikat A. 1422322 persil nomor 487 atas nama Sumadi dimana diatasnya berdiri SD Nomor 158287 Trans Mahalasa Janggut yang kini telah berubah nama menjadi Bajamas – 1 tampak berdasarkan Surat Kepala Seksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Manduamas Nomor : 012.1/128-TU/2000 tertanggal  08 Juni 2000 yang ditujukan kepada Kepala BPN Kab. Tapteng di Pandan perihal : Pertapakan SD Negeri No. 158287 Trans Mahalasa Janggut.

Dengan isi :

1. Menanggapi permohonan saudara Sumadi penduduk desa Bajamas / Trans Manduamas II SP III Perihal : Penggantian lahan yang telah dipakai menjadi pertapakan sekolah dasar.

2. Dengan ini kami minta kepada Bapak untuk dapat mengganti lahan atas nama Sumadi nomor sertifikat A. 1422322 persil nomor 487 karena diatas lahan tersebut telah didirikan SD Negeri No. 158287 Trans Mahalasa Janggut Kec. Manduamas.

Kalau Bapak berkenan lahan tersebut agar ditetapkan menjadi pertapakan SD Negeri No. 158287 Trans Mahalasa Janggut lengkap dengan sertifikatnya. Surat tersebut ditandatangani oleh Afliden Simanullang NIP. 130822761.

Anehnya saat Wartawan Trans Aktual pada Oktober 2018 mempertanyakan Kabag Aset marga siregar tentang dasar asset Pemkab Tapteng pada lokasi pertapakan SD Negeri No. 158287 Bajamas – 1 Kec. Sirandorung yang dulunya SD Trans Mahalasa Janggut Kec. Manduamas menjawab Trans Aktual tidak ditemukan dasar kepemilikan Pemkab Tapteng.

Namun pada April 2019 coba Trans Aktual tanyakan lagi kepada Kabag Aset Pemda Tapteng tentang dasar kepemilikan Pemda Tapteng atas Pertapakan SD Negeri No. 158287 Bajamas – 1 Kec. Sirandorung jawabnya berdasarkan Surat Keterangan Tanah seluas 0,25 Ha. Saat didesak Trans Aktual mana yang lebih tinggi  secara peraturan sertifikat tanah daripada Surat Keterangan Tanah (yang pada umumnya Surat Keterangan Tanah dari Kepala Desa / Kepala Kelurahan) mengakui lebih tinggi surat sertifikat tanah namun, Kabag Aset mengatakan mereka tidak akan mundur atas alas hak tersebut meskipun sampai ke Pengadilan.

Menurut kuasa Rudy kepada Trans Aktual baru-baru ini mengatakan bila Pemda Kab. Tapteng masih ngotot tidak mau mencabut plang yang dipancang Pemda Tapteng di lokasi SD Negeri No. 158287 Bajamas – 1 yang disebut seluas 0,75 Ha itu dalam waktu dekat kuasa Rudy akan menyampaikan gugatannya kepada Pengadilan Negeri Sibolga.

(dp/transakt).