Senin, 22 Juli 2019 | 18:35 WIB

Seleksi Terbuka Pemerintahan Cimahi Lolos 3 Besar Calon Sekda, Kadishub dan Kasatpol PP

foto

 

Seleksi Terbuka Pemerintahan Cimahi Lolos 3 Besar Calon Sekda, Kadishub dan Kasatpol PP.

Trans Aktual Cimahi,

Dari hasil seleksi terbuka enam calon sekda tiga calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi yang lolos dalam seleksi penulisan makalah, presentasi dan wawancara yang dikemas dalam open bidding atau seleksi terbuka.

Dalam sekeksi ada tiga calon sekda yang tidak lolos Hella Haerani yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Adet Chandra Purnama sebagai Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian, dan Budi Raharja yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Adapun tiga calon Sekda yang masih bertahan, Dikdik Suratno Nugrawahan yang saat ini menjabat Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Maria Fitriani yang menjabat Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat serta Harjono yang saat ini menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan.

Berdasarkan pengumuman Nomor 821/30-Pansel/ 2019 tentang Hasil Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Cimahi. Selanjutnya, para kandidat yang lolos bakal mengikuti pemeriksaan kesehatan. "Jadwal pemeriksaan kesehatan sesuai tahapan, yaitu tanggal 8 Mei 2019, " terang Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh saat ditemui dikantornya (7/5/2019).

Mengatakan bahwa setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan, ketiga nama itu akan diserahkan kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan pengkajian. Setelah turun rekomendasi dari KASN, maka rekomendasi itu akan langsung diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kalau Sekda itu harus ada rekomendasi dari provinsi, " ungkap Ahmad. Perihal pelantikan Sekda terpilihnya, lanjut dia, itu belum bisa dipastikan.

Sebab, masih harus menunggu hasil dari KASN dan Provinsi Jawa Barat. Kemudian, setelah terpilih harus ada surat Pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Iya diharapkan sebelum jabatan Pj Sekda berakhir, Sekda definitif sudah terpilih. Pj Sekda itu habis tanggal 22 Juni 2019 ini.

Selain itu, ada enam nama dipastikan lolos menjadi calon Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Cimahi. Untuk posisi calon Kadishub, tiga nama yang lolos yakni Ruswanto yang saat ini menjabat Sekdishub, Endang yang menjabat Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub serta Yanuar Taufik yang menjabat Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

Sementara untuk calon Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, ada Danu AR yang saat ini menjabat Kabag Program dan Keuangan pada Setwan DPRD Kota Cimahi, Mardi Santoso sebagai Kabag Kesra serta Totong Solehudin yang tengah menjabat Kepala Kesbang Kota Cimahi.  Keenam pejabat itu lolos tiga besar pelaksanaan open bidding atau seleksi terbuka.

Mereka telah mengikuti berbagai tahapan dijadwalkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) seperti tahapan pembuatan penulisan makalah, presentasi dan wawancara.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, hasilnya akan langsung diserahkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan pengkajian. Setelah ada rekomendasi dari KASN, hasilnya akan langsung diserahkan kepada Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Kota Cimahi.

(Efrikar/transaktual)