Jumat, 25 Sepember 2020 | 19:43 WIB

Sertijab Kepala Sekolah, Kepala Cadisdikwil VII: Optimalkan Inovasi di Lingkungan Disdik Jabar

foto

 

Sertijab Kepala Sekolah, Kepala Cadisdikwil VII: Optimalkan Inovasi di Lingkungan Disdik Jabar.

www.transaktual.com

BANDUNG, DISDIK JABAR — Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Cadisdikwil) VII menggelar "Serah Terima Jabatan Kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB" di Aula SMKN 3 Bandung, Jln. Solontongan No. 10, Kota Bandung, Kamis (16/7/2020). Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelantikan kepala sekolah yang dipimpin Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil.

Kepala Cadisdikwil VII, Endang Susilastuti mengatakan, kepala sekolah merupakan sosok yang bisa memberikan perubahan di lingkungan sekolah. Sehingga, kepala sekolah diharapkan sesegera mungkin beradaptasi dan menyesuaikan dengan tempat baru. Namun, Endang mewanti-wanti kepala sekolah agar tidak tergesa-gesa.

“Saat datang ke sekolah baru jangan grasah-grusuh. Tapi, duduk dulu, amati, dan analisis dulu kekuatan serta kelemahan yang ada di sekolah. Pelajari peluang dan hambatannya sehingga Bapak dan Ibu bisa merumuskan program strategis,” tuturnya.

Endang meyakini, setiap kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan berbeda. Sehingga, Endang mendorong para kepala sekolah untuk mengoptimalkan inovasi yang dimiliki. “Masing-masing kepala sekolah punya inovasi dan kreativitas luar biasa. Jadikan itu peluang untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di sekolah baru,” imbaunya. 

Salah satu tantangan yang akan dihadapi oleh kepala sekolah, menurut Endang, adalah melangsungkan pembelajaran dengan efektif di masa pandemi. "Kepala sekolah harus bisa menciptakan pembelajaran yang tetap menyenangkan bagi siswa meski melalui daring," ujarnya. 

Sesuai amanat Gubernur, Endang berharap, seluruh kepala sekolah bisa menerima keputusan yang telah diberikan. “Jabatan merupakan amanah. Tak ada jabatan yang abadi. Terimalah keputusan sebagai dinamika kehidupan yang memang selalu berputar,” imbaunya. 

Sebanyak 7 guru dari Cadisdikwil VII mendapat promosi menjadi kepala sekolah. Tiga di antaranya bertugas di lingkungan Cadisdikwil VII dan enam lainnya di luar Cadisdikwil VII. “Ada dua kepala sekolah yang masuk lingkungan Cadisdikwil VII dan satu kepala sekolah yang bertugas di luar Cadisdikwil VII,” pungkasnya.

(transaktual.)