Selasa, 11 Agustus 2020 | 02:20 WIB

Memperingati Harlah Pancasila dan Bulan Bung Karno DPD PDI-P Jabar Gelar WAYANG GOLEK

foto

 

Memperingati Harlah Pancasila dan Bulan Bung Karno DPD PDI-P Jabar Gelar WAYANG GOLEK.

www.transaktual.com

Dengan Tema Pancasila Dalam tindakan Gotong Royong Indonesia Maju,acara ini di selenggarakan oleh Badan Kebudayaan Nasional DPD PDI Perjuangan Jawa barat

Kang Budi Dalton sebagai Budayawan Sunda, ;

Bagi masyarakat Jawa Barat Bung karno punya hubungan yang sangat erat secara emosional maupun spiritual,banyak sekali ruang dan waktu perenungan beliau yang menghasilkan buah pikir yang sangat besar,yang dilahirkan mulai dari menggali nilai budaya lokal,bersama Bapak Mey Kartawinata, salah satu orang yang sangat dekat dengan beliau, Ketika di bandung,yang banyak sekali memberikan pencerahan terhadap pemikirannya.

Pancasila lahir dari proses penggalian yang  dalam tentang ajaran norma dan nilai budaya di Nusantara,secara ratusan tahun bahkan ribuan tahun.

Pancasila adalah sebuah ideologi yang bersumber dari kearifan lokal bangsa Indonesia yang sudah terbukti mampu menyatukan dan mendamaian berbagai kemajemukan yang ada di bumi pertiwi.

Maka Bung Karno menegaskan “aku percaya bahwa rakyatku” di seluruh pelosok nusantara ini,berketuhanan yang maha esa,oleh karena itu hormatilah semua berkeyakinan di nusantara ini, yang mempunyai ciri dan cara masing masing, dalam berketuhanan yang Maha Esa.

Oleh karena hormatilah semua keyakinan di nusantara ini yang mempunyai ciri dan cara masing-masing,dalam berketuhanan yang maha esa,karena keyakinan ini merupakan hak individu setiap manusia dalam mengintepretasikannya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bapak Ono Surono, ;

Bung karno saat pidato tanggal 1 Juni 1945 beliau mengatakan apabila Indonesia ingin merdeka,maka perlu dasar,dasar itu adalah filosofi grondslag, filosofi dasar itu Pancasila,Pancasila di galih dari nilai-nilai Luhur bangsa Indonesia, suku, agama, budaya, ras.

Merdeka itu jembatan emas kata bungkarno untuk mencapai Indonesia yang adil dan Makmur, mewujudkan Tri sakti berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, berkepribadian di bidang budaya.

Ketua dewan pengarah badan pembinaan ideologi pancasila Ibu Megawati Soekarnoputri,mengatakan tatangan ideologis terbesar bangsa Indonesia,bagaimana memastikan Pancasila sebagai idiologi yang bekerja dan membumi.

Para  Pengisi acara KI DALANG BHATARA SENA SUNANDAR SUNARYA Giri Harja Bandung, kang Budi Dalton, angklung manshur, asyifa salsabila, ade batak, dll.

Acara ini di hadiri oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono ST,Sekjen DPD PDI Perjuangan Jawa Barat IR Ketut Sustiawan,dan pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

 

Transaktual Yansen Philip Pangaribuan