Senin, 16 Desember 2019 | 08:44 WIB

Pilkades Serentak Kabupaten Bandung 2019, Berjalan Lancar

foto

 

Pilkades Serentak Kabupaten Bandung 2019, Berjalan Lancar.

Bandung www.transaktual.com

Pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 199 Desa di Kabupaten Bandung telah usai dilaksanakan. Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M. Nasser mengatakan, selepas dilaksanakannya Pilkades, diharapkan calon terpilih tidak melakukan euphoria yang berlebihan.

“Tidak Euforia yang  berlebihan karena yang lain sedang ada yang bersedih karena belum menang, bersyukurlah dengan hal-hal  yang wajar, tidak boleh menonjolkan diri, tidak boleh ada syukuran yang berlebihan,” ujarnya saat ditemui selepas menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).

Sesuai dengan perjanjian awal, Lanjutnya, dalam pelaksanaan demokrasi tingkat desa, semua orang mesti menerima hasilnya, dikarenakan yang terpilih menjadi Kepala Desa sudah ditetapkan di Lauhul Mahfudz.

“Sebagai perjanjian awal, bahwa ikut dalam kancah demokrasi tingkat desa siap menang, siap kalah, yang menang tidak tepuk dada, yang kalah harus lapang dada,  dan itu ada ketentuan sejarahnya di Lauhul Mahfudz tentang  siapa yang menjadi pemimpin ditingkat desa,” paparnya

Sebelum dilaksanakan Pilkades pun, kata Dadang M. Naseer, pihak kepolisian, TNI, Kesbanpol serta lembaga lain yang tergabung dalam gerakan deteksi dini, telah melakukan pemetaan daerah guna mengantisipasi komplik yang akan terjadi pasca pengumuman kepala desa terpilih.

“Sejak awal dilihat daerah-daerah dipetakan yang rawan komplik oleh gerakan deteksi dini dari berbagai lembaga, Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Polri, Kesbangpol, Kecamatan dipetakan tentang situasinya,” jelasnya

Sehingga, sesuai prediksi dari tim gerakan deteksi dini, terlihat sudah ada daerah yang rawan mengalami konflik selepas dilaksanakan Pilkades tersebut.

“Dan memang prediksi itu kelihatan sekarang ada beberapa hal yang rawan, namun Insyaallah masih bisa dimusyawarahkan, terutama yang hasilnya beda tipis yang beda di bawah 100 jadi rawan, malah cuman beda 3 suara dan ini terus dikoordinasikan supaya tidak ada gejolak,” tambahnya

Namun demikian, Bupati Kabupaten Bandung tersebut menyatakan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang sudah menyukseskan Pilkades 199 Desa sehingga berjalan dengan lancar.

“Terimakasih masyarakat Kabupaten Bandung yang telah menyukseskan Pilkades 199 desa, berjalan lancar,” ujarnya.