Rabu, 14 April 2021 | 15:10 WIB

Pemprov Jabar Usulkan Pemekaran Tiga Daerah Otonom Baru, Rafael Dorong Penambahan Dua CDOB Lainnya

foto

 

Anggota Komisi I DPRD Jabar Fraksi PDI Perjuangan, Rafael Situmorang,SH, dan Gedung DPRD Jabar.

www.transaktual.com

Gubernur Jawa Barat bersama DPRD Jabar telah sepakat mengusulkan pembentukan tiga Daerah Otonom Baru diwilayah Provinsi Jawa Barat. Saat ini statusnya masih Calon Daerah Otonomi Baru ( CDOB ).

Daerah yang diusulkan dan sudah disetujui oleh masing masing pemerintah kab/kotanya diantaranya Sukabumi Utara, Bogor Utara dan Garut Selatan. Saat ini Gubernur Jabar dengan persetujuan DPRD telah mengusulkan pemekaran wilayah tersebut ke Presiden.

Komisi I DPRD Jabar Fraksi PDI Perjuangan, Rafael Situmorang mengatakan bahwa selain Komisi I telah menyetujui usulan pemekaran tiga Daerah Otonom Baru, dirinya juga bersama rekan rekan dilegislatif Jabar tengah memperjuangkan agar dapat didorong dua daerah lainnya di Jabar menjadi CDOB yakni Indramayu Timur dan Bogor Timur.

Rafael menjelaskan bahwa berdasarkan Jumlah penduduk di Jawa Barat sekitar 40 juta jiwa tidak sebanding dengan jumlah kabupaten kota yang hanya 27 kab/kota ” kota tertinggal dengan daerah-daerah lain” . Ujar Rafael.

Dikatakan juga bahwa penambahan daerah otonom baru memang sangat menguntungkan rakyat dari segi aksesibilitas, pelayanan, peningkatan ekonomi, infrastruktur dan kucuran dana APBN untuk Jawa barat pun akan meningkat, sehingga dapat bermuara kepada kesejahteraan rakyat.

“Dari semua daerah yang diusulkan untuk disahkan pemerintah pusat (Presiden) semuanya sudah memenuhi berbagai apspek dan kriteria, serta sudah diuji oleh tim ahli pemerintah pusat.” Tandas Rafael.

(transakt)