Rabu, 14 April 2021 | 14:32 WIB

Ramadhan di Masjid Agung Baitussalam

foto

 

Ramadhan di Masjid Agung Baitussalam.

www.transaktual.com

Banyumas-Umat Islam diberbagai negara sebentar lagi akan memasuki bulan suci penuh barakah yaitu bulan Ramadhan 1442 H. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh rahmat, ampunan, dan limpahan pahala dari Allah SWT. Kedatangannya selalu dinanti dan dirindukan oleh setiap mukmin yang haus akan limpahan kasih sayang Allah SWT. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, kalam Ilahi yang berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi orang-orang yang menginginkan keselamatan serta kebahagiaan di dunia dan akhirat (fi addunyaa hasanah wafil aakhiraati hasanah).

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang disyari’atkan di dalamnya ibadah shaum (puasa), sebagaimana diserukan oleh Allah SWT “khusus” untuk orang yang beriman sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183. Pada bulan Ramadhan amalan ibadah yang dikerjakan hamba akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Maka sudah selayaknyalah bagi setiap Muslim menyambut datangnya bulan Ramadhan tersebut dengan bersuka cita, ungkap Humas Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,M.Pd. memaparkan bahwa sebagai wujud kegembiraan dan syiar akan datangnya bulan Ramadhan 1442 H, Takmir Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat menggelar serangkaian acara di antaranya : Sholat Jama'ah Tarawih dan Berbuka Puasa Bersama selama satu bulan penuh, Pembagian 1.000 Paket Sembako, Pentasyarufan Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS). Juga yang istimewa akan menyelenggarakan Qiyamul Lail di 10 hari terakhir yang ditandai dengan dzikir, sholat malam mulai jam 02.30, muhasabah diri dan sahur bersama.

Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,M.Pd. yang juga Dosen IAIN Purwokerto menjelaskan bahwa untuk menjalin ukhuwah bathiniyah Masjid Agung Baitussalam di Giat Amaliah Ramadhan tahun 1442 H, akan mengadakan BUKBERMAS (Buka Bersama Masyarakat Lapas) Narkotika Purwokerto.

Kemudian H.Einstein menambahkan sebagai pembuka dan penggugah semangat menyongsong kedatangannya Bulan Ramadhan yang mulia, untuk itu Masjid Agung Baitussalam (MAB), Purwokerto juga akan menggelar berbagai acara, seperti pertama Bidang Kewanitaan MAB adakan :

a. Lomba Baca Sayyidul Istighfar beserta artinya pada pukul 08.00 hari Kamis 04 Maret 2021,

b. Berkah Ramadhan di Masa Pandemi pada pukul 08.00 - selesai. Hari Sabtu, 06 Maret 2021 di MAB. Hadirkan 2 pembicara :

          1) Dr.dr.Eman Sutrisna,M.Kes.

            (Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Kedokteran Unsoed dengan materi "Puasa Sehat Ramadhan dan Menyehatkan),

         2) Estifa,S.Ag. dengan materi Persiapan Ramadhan di Masa Pandemi,

c. Pelatihan Perawatan Jenazah bersama Ustadzah Estifa,SAg.di MAB pada pukul 08.30 hari Sabtu, 20 Maret 2021, kata Ketua Bidang Kewanitaan MAB Mieke Utami.

Kedua, selanjutnya Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,M.Pd. yang mendapat tugas tambahan Tim WASLITEV PW TKI pada Kementerian Agama RI mengatakan bahwa Takmir MAB pada pukul 09.00 - selesai, hari Jum'at, 02 April 2021 pukul 09.00 selenggarakan Pengajian Ittihadiyah (penyatuan hati dan pikiran) jamaah Masjid Agung Baitussalam untuk lebih siap menyambut Ramadhan bersama Ustadz Drs.KH.Ahmad Kifni.

diki/transakt.