Minggu, 7 Maret 2021 | 10:25 WIB

Dies Natalis ke-55 Fakultas Peternakan Unsoed

foto

 

Dies Natalis ke-55 Fakultas Peternakan Unsoed.

www.transaktual.com

Banyumas-Bertepatan dengan ulang tahun yang ke-55 (lustrum XI) Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed di laksanakan berbagai acara. Salah satunya acara gratis dan terbuka untuk umum yakni Orasi Ilmiah pada pukul 09.00 - 12.00 hari Rabu 10 Februari 2021 luring di Fapet Unsoed dengan peserta terbatas sesuai protokol kesehataan yang ketat dan daring, ungkap Humas Dies Natalis ke 55 Fapet Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.
Adapun Pembicara

Orasi Lustrum ke XI Fapet Unsoed menurut Ketua Panitia Tasyakuran Dies Natalis ke-55 Fapet Unsoed Ir.Nunung Noor Hidayat,MP. yaitu pembicara pertama Dr.Ir.Nasrullah,M.Sc (Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI) dengan tema "Kebijakan pemerintah dalam menjamin ketersediaan produk ternak di era kenormalan baru", dan pembicara kedua Dr.Ir.Rahayu Widiyanti,SE.,MP.,SH., S.Pd.AUD. (Dosen Lab Ekonomi Peternakan Fapet Unsoed) temanya "Optimalisasi produksi ayam petelur melalui pendekatan efisiensi teknis."

Posisi alumni Fapet Unsoed menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri, baik di dunia peternakan maupun bidang pekerjaan lainnya. Ada yang sebagai ASN, di Lembaga Swasta, dan lainnya seperti Politisi, Peneliti, Guru, Dosen, dan Pengusaha. Beberapa alumni Fapet Unsoed cukup dikenal, antara lain Dr.Riwantoro (Analis Ketahanan Pangan), Hernani Da Silva pernah Menteri Luar Negeri Timor Leste dan mantan Menteri Perminyakan Timor Leste, sekarang kepala kantor FAO di Mozambique), Kemal Mahfud (Kepala BBPP, Lembang), Tri Harsi (Kepala BIB Lembang), Wahyu Budi Saptono (Sekda Kabupaten Banyumas), Eko Prijanto (Kepala Bapenda Kabupaten Banyumas), dan lainnya, kata Einstein.

Salah satu lulusan Fapet Unsoed berprestasi yakni Rayudika Aprilia Patindra Purba,PhD., pada usia 27 tahun lulus doktor muda dari Suranaree University of Technology, Nakhon Ratchasima, Thailand. Selesai Rayudika lulus doktor langsung lanjut post doctoral di laboratorium yang sama di Suranaree University of Technology, Thailand.

Alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1982 Ir.Mulyoto Pangestu PhD. mengucapkan Selamat Dies Natalis Fakultas Peternakan Unsoed ke-55. Sebuah kebanggaan saya merupakan bagian dari lembaga ini. Meskipun bukan dari papan atas, tetapi saya merasakan bahwa staf pengajar dan administrasi benar-benar sepenuhnya bekerja dan memberikan perhatian kepada para mahasiswa. Mulyoto menambahkan, kami mahasiswa tidak hanya mengenal para dosen, tetapi juga mengenal para staf administrasi.

Selanjutnya Dosen Fakultas Peternakan Unsoed dan dosen di Monash University, Melbourne, Australia Ir.Mulyoto Pangestu PhD. mengatakan bahwa Fakultas Peternakan Unsoed adalah satu keluarga besar. Saat ini sudah semakin banyak tenaga dosen yang menyandang gelar Doktoral dan Profesor. Juga alumni yang tersebar dan sukses di mana-mana.

Oleh karena itu Ir.Mulyoto Pangestu PhD. yang juga dosen di Fakultas Kedokteran (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan Universitas Diponegoro, Semarang) berharap Fakultas Peternakan Unsoed dapat menjadi menjadi leader dan panutan dalam mendidik ahli Peternakan pada segala tingkat strata pendidikan dari Diploma, S1, S2 dan S3. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai upaya berkontribusi dalam perayaan ultah Fapet Unsoed ke-55, Pemimpin Redaksi Kafapet-Unsoed.com Bambang Suharno mengatakan bahwa sejak beberapa hari lalu sudah menyiapkan sajian khusus Edisi Ultah Fapet ke-55. Tim redaksi telah melakukan wawancara dengan para alumni yang kami nilai mewakili prestasi para alumni, baik di sektor pemerintahan maupun swasta, termasuk generasi milenial. Mereka akan berbicara bagaimana kesan-kesan sebagai alumni Fapet Unsoed.

Bambang Suharno yang juga alumni Fapet Unsoed menjelaskan bahwa Tim Redaksi juga mewawancarai sejumlah tokoh non alumni, antara lain Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr.Nasrullah, Ketua Umum PB ISPI Ir.Didiek Purwanto,  Wakil Gubernur Terpilih Sumatera Barat Ir. Audy Jonaldy, MM, IPM dan sebagainya. Mereka telah menyempatkan diri secara khusus untuk memberi ucapan selamat Ulang Tahun kepada Fapet Unsoed.

Kepada para alumni, kami mengajak, Rabu 10 Februari 2021, ayo kita simak artikel Sajian Khusus Edisi Ultah Fapet Unsoed  di website kafapet-unsoed.com, memberikan komentar di website dan sebarkan link artikel tersebut kepada sesama alumni maupun sahabat, relasi,  partner, dan keluarga. Dengan menyebarkan artikel, dan memberi komentar di webiste, anda ikut berkontribusi dalam mendukung kemajuan Fapet kita tercinta, dan juga menghargai karya tim redaksi, kata Bambang Suharno.

Diki/transakt.