Minggu, 29 November 2020 | 19:49 WIB

Yubileum Pancawindu Imamat, P. Martinus Anggut, SVD Adakan Misa Syukur di Kapela Kembo Copu Paroki L

foto

 

Yubileum Pancawindu Imamat, P. Martinus Anggut, SVD Adakan Misa Syukur di Kapela Kembo Copu Paroki Loce.

Manggarai: - transaktual.com ---16 November 2020

Misa Syukur 40 tahun imamat yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 di kapela kampung Copu Paroki Loce wilayah Keuskupan Ruteng dengan Moto " Tuhanku dan Allahku" dipimpin lansung oleh Pater Martinus Anggut SVD.

Pastor paroki Loce Romo Wihelmus R. Findoro, Pr dan lima orang pastor lain, salah satu diantaranya adalah mantan Administrator Keuskupan Ruteng Romo Laurensius Sopang, Pr. ikut ambil bagian dalam tatacara misa syukur tersebut.

Dihadapan ratusan umat Paroki Loce P. Martinus mengatakan "saya merasakan bagaimana Tuhan itu betul mendampingi selalu besertaku", kemudian P. Martinus mengutip Yohanes 20:38 sebagai landasan dari moto 40 tahun imamat yang dia pilih. P. Martinus menekankan untuk selalu menghadirkan kerajaan Allah dalam kehidupan sehari hari "kerajaan Allah itu sudah ada didunia ini, sudah dimulai dengan hidup rukun, bersatu-padu, cinta kasih", tegas P. Martinus.

Beliau juga menyinggung soal upacara adat "Libur Kilo & Hang Woja" yang juga sedang di rayakan masyarakat setempat  " Hang Woja berarti syukur, Libur Kilo berarti kita berkumpul kembali saling memaafkan satu sama lain menyongsong tahun baru " kata P. Martinus

"Bukan hanya sekedar torok manuk itu memang dia punya ritual tapi isinya atau jiwanya adalah berkumpul kembali, itulah kerukunan, itulah kerajaan Allah", tegasnya lagi.

Perlu diketahui bahwa P. Martinus Anggut, SVD yang kini berusia 70 tahun merupakan anak sulung dari Alm. Bapak Gabriel Ludi dan Alm. Ibu Regina Nawes, Gendang Kembo Copu Paroki Loce Keuskupan Ruteng, Pastor senior ini juga bertugas sebagai Dosen bahasa Latin dan Dosen Agama & Spiritualitas di Postulat Stella Maris yang beralamat di Jl. Ontoseno 4, Polehan, Malang.

 

Kondradus Barsabae/transakt.