Senin, 26 Oktober 2020 | 23:45 WIB

Mutasi Pendamping Desa, DPMD Sebut Murni Evaluasi Kinerja

foto

 

Mutasi Pendamping Desa, DPMD Sebut Murni Evaluasi Kinerja.

transaktual.com-

Beredar isu mutasi pendamping desa yang dilakukan dilingkungan pemerintahan desa ada nuansa kepentingan politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Bengkalis murni evaluasi kinerja.

Hal demikian ditegaskan Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Erdila Fitriadi bahwa pihak dinas Pemerintah dan Masyarakat Desa (DPMD) melakukan mutasi terhadap pendamping desa di kabupaten Bengkalis dan ini yang ke empat kalinya dilakukan tahun ini dikarenakan evaluasi kinerja.

"Jadi, jika mutasi yang dilakukan. Ada pihak pihak tertentu mengkaitkan dengan situasi pilkada di Bengkalis itu tidak benar. Mutasi pendamping desa murni berdasarkan hasil evaluasi kinerja," ungkap Erdila Fitriadi kepada wartawan Kamis, (27/08/2020).

Dijelaskannya, mutasi terjadi ada beberapa penilaian kinerja pendamping desa, mengisi kekosongan, ada permintaan kepala desa yang menganggap tidak maksimal kinerja pendamping desa.

"Mutasi ini untuk perbaikan kinerja demi berjalannya roda organisasi tersebut. Selain itu mutasi juga sebagai penyegaran karena dianggap berhasil di satu desa maka dia dimutasi untuk membenahi desa yang di anggap belum maksimal," ungkap Erdila lagi.

Ia juga mengatakan, mekanisme evaluasi berbagai penilaian pihaknya punya backup data hasil evaluasi.

"Bisa kita buka kinerja masing masing pendamping desa, dan sudah sesuai dengan peraturan bupati (Perbup)," urai Erdila.

Ditambahkannya, untuk penyaluran BLT DD bukan karena tidak tercapai target penyaluran menjadi indikator utama.

"Setiap rakor bulanan kita selalu paparkan hasil evaluasi dan kelemahan karena kami juga sudah melakukan evaluasi besar besaran tahun 2018 dan satu persatu kami evaluasi kinerjanya yang kami evaluasi terkait kemampuan komunikasi program pendamping desa, Inovasi yang dilakukan di Desa, serta kemampuan menyelesaikan masalah serta memfasilitasi program," pungkas Erdila.

(Jack's/transakt)