Senin, 24 Juni 2019 | 21:27 WIB

Takdir Manusia Nanti

foto

 syahida.com

Ilustrasi

Setiap orang yang lahir kedunia, mereka sudah bersaksi kepada Allah.(QS. Al-A’raaf : 172). Dan Allah juga sudah menetapkan jalan hidup kepada manusia ketika berumur 120 hari di dalam kandungan.

Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya seseorang dari kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya 40 hari nutfah, kemudian ‘alaqoh selama hari yang sama, kemudian mudghoh selama hari yang sama. Kemudian diutus baginya malaikat untuk meniupkan ruh dan ditetapkan 4 kalimat; ketetapan rizki, ajal, amal, dan sengsara atau bahagia.” (HR Bukhari dan Muslim)

Setelah manusia lahir Allah telah memberi bekal, as-sam'a, al-absor, al-afidah

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (An-Nahl: 78)

  • Apakah ada yang tahu bahwa seseorang itu beriman atau tidak?
  • Apakah seorang anak yg lahir dari orang tua muslim yg ulama, kyai, ustadz atau apapun dan dia muslim pada akhirnya akan selamat?
  • Apakah seorang anak yg lahir dari orang tua kafir dan dia kafir pada akhirnya akan celaka?

Tidak ada yang tahu.

hunsul khotimah su'ul khotimah.

Nasib mereka yang tidak beriman sampai ajal menjemput adalah celaka. Seperti disebutkan, Allah sudah membekali manusia dgn semua sarana yg diperlukan. Makanya didalam Al-Quran Allah selalu menggambarkan dengan kalima,t apakah kamu tidak mempunyai akal?, kenapa kamu tidak memperhatikan?, kenapa kalian tidak mentafakuri?.

Masalahnya kadang manusia mengingkari hati nurani ketika datang kebenaran. Manusia tertipu, egois, tidak mau tahu, tidak mau menggunakan as-sam'a, al-absor, al-afidah. 

Wallahu a'lam.