Senin, 25 Mei 2020 | 21:34 WIB

Disdik Jabar Adakan Konferensi Pers Terkait Sosialisasi PPDB 2020

foto

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika.(istimewa).

www.transaktual.com

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) siap digelar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pendaftaran diyakini lebih mudah karena dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (online) serta dibuka dalam dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Setelah sebelumnya menggelar rapat sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Jawa Barat Tahun 2020 melalui konferensi video di Ruang Operation Room Kantor Disdik Jabar, Jln.Dr Radjiman No.6, Kota Bandung, Selasa (5/5/2020). Sosialisasi ini diikuti seluruh Disdik kabupaten/kota dan Kementerian Agama Kantor Wilayah Jabar.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat kali ini mengadakan Konferensi Pers terkait penerimaan peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung. Acara tersebut di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, Ketua Panitia I PPDB, Ir.Yesa.Sarwedi.Hamiseno, Sekretaris I PPDB, Dian Peniasiani serta Sekretaris II PPDB, Edy Purwanto.

Menurut Yesa, secara keseluruhan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020 akan dilaksanakan berbasis online. Kebijakan tersebut berlandaskan kondisi di wilayah Jawa Barat yang masih dalam masa darurat virus corona Covid-19, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pendaptar harus datang ke sekolah yang di tuju, tahun sekarang seluruh proses harus berbasis online mulai dari pendaptaran sampai pengumuman, ujar Yesa memaparkan.

Melalui Dinas Pendidikan kabupaten/kota pihaknya telah melakukan komunikasi agar seluruh informasi bisa sampai langsung ke calon peserta didik dan orang tua, kita kerahkan kantor cabang dinas agar komunikasi dapat terjalin dengan baik, kata Yesa.

Menurut Sekretaris II PPDB, Edy Purwanto, pengoptimalan sistem PPDB  dimulai dari sekolah asal. Sekolah asal akan di berikan akun dan akun tersebut nantinya akan diberikan kepada calon peserta didik itu sudah kami persiapkan semuanya, ujar Edy Purwanto “calon peserta didik memiliki dua opsi untuk proses PPDB 2020, yakni dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan sekolah asal”, tegas Edy.

transaktual.