Sabtu, 21 Sepember 2019 | 22:39 WIB

BPD dan Masyarakat Menggelar Rapat Pemakjulan Kades Asam Jawa, Kab. Labuhan Batu Selatan

foto

 

BPD dan Masyarakat Menggelar Rapat Pemakjulan Kades Asam Jawa, Kab. Labuhan Batu Selatan Sumut.

www.transaktual.com

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Asam Jawa dan ratusan masyarakat menggelar rapat penting di Aula Kantor Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Selasa (1/7/2019)

Rapat yang dilaksanakan tersebut untuk menindaklanjuti tuntutan masyarakat agar Kepala Desa Asam Jawa Ali Borkat Hasibuan diberhentikan, karena terindikasi tidak transparan dalam pemberhentian sejumlah kepala dusun serta adanya dugaan pungli yang dilakukan oleh Kepala desa.

“Kami berharap agar secepatnya Pak Ali Borkat Hasibuan diberhentikan,” ungkap salah satu warga yang tidak mau disebut namanya.

Sementara masyarakat Desa Asam Jawa telah dua kali mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) digedung DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, namun dari hasil RDP tersebut masyarakat kecewa lantaran tidak membuahkan hasil, sehingga masyarakat menggelar rapat bersama dengan BPD.

Dalam kesempatan tersebut H. Pahlon Pulungan selaku tokoh masyarakat Desa Asam Jawa dalam rapat menyampaikan “Saya selaku asli kelahiran didesa ini meminta kepada pihak terkait agar Kepala Desa Asam Jawa segera diperiksa atau diberhentikan,” kata Pahlon.

“Sebab kepala desa tersebut tidak memberikan contoh yang baik bagi kami, untuk kami masyarakat Desa Asam Jawa terus berjuang untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, demi kemajuan serta kesejahteraan Masyarakat Desa Asam Jawa,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua Badan Pemerintahan Desa (BPD) Asam Jawa T. Rajaguguk dalam sambutannya menjelaskan bahwa, “Acara ini digelar untuk menindak lanjuti tuntutan masyarakat, tentang rencana pemakjulan kepala desa sebab telah dua kali melakukan dengar pendapat di kantor DPRD Labusel, namun tidak mendapatkan solusi, maka dengan acara ini kita akan bermusyawarah untuk menindaklanjuti hal tersebut,” jelasnya.

Sementara ketua LKMD Asam Jawa Khairul Negos Siregar saat dikonfirmasi mengatakan, “Kami selaku ketua LKMD Asam Jawa tidak pernah diikutsertakan dalam kegiatan apapun, tentang pembangunan ataupun perkembangan desa, dan tidak pernah diperlukan sama sekali, apalagi tentang anggaran desa sudah pasti kepala desa menutup nutupi pada kami,” pungkas Neggos.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Asam Jawa Borkat Hasibuan terkait tentang rapat tersebut, “Mengapa tidak ditandatangani daftar hadir tersebut, itu merupakan kegiatan BPD,” katanya lewat WA.

Kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh Camat Torgamba Azman Parapat, Pemdes Kabupaten LabuhanBatu Selatan A Syukri Siregar, Ketua BPD asam Jawa T. Raja Gukguk, Ketua LKMD Desa Asam Jawa Khairul Negos, Siregar serta tokoh masyarakat Asam Jawa H. Pahlon Pulungan, ratusan masyarakat dan para undangan. (K.N)