Senin, 22 Juli 2019 | 18:41 WIB

Kegiatan Fisik Desa Aek Horsik Tahap II Tahun 2019 Sudah Selesai Dilaksanakan

foto

 

Keterangan Gambar: Warga Desa Aek Horsik saat mengerjakan Pembuatan Rabat Beton. Pekerjaan fisik Dana Desa untuk Pembuatan Rabat Beton Tahun 2019, di Desa Aek Horsik Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli tengah, provinsi Sumatera utara, sudah selesai.

www.transaktual.com

Sebelumnya, pekerjaan fisik tahap I di Desa Aek Horsik adalah pembuatan LPJU Tenaga Surya sebanyak 10 titik. Kepala Desa Aek Horsik, Pidelis tinambunan, saat ditemui pada sabtu,(15/06), melalui Kaur Pembangunan Desa, Yusman Waruwu kepada Wartawan mengatakan, Untuk pekerjaan fisik Pembuatan Rabat Beton hari ini sudah selesai, tinggal finishing nya saja”, Sebutnya.

Didampingi Sekretaris Desa A.Nduru, Yusman Waruwu menambahkan, Pembuatan Rabat Beton Didesa Aek Horsik Dusun II ini adalah sepanjang 200 meter dengan besar Dana Rp.213.422.000, merupakan kegiatan fisik yang Dananya dari pencairan Tahap ke II tahun 2019 “, lanjutnya.

Sebenarnya panjang Jalan Rabat beton yang sudah selesai dikerjakan ini ada penambahan sepanjang  40 m, yang mana biaya untuk penambahan sepanjang 40m itu merupakan swadaya warga ditambah dari swadaya aparatur Desa, yang diambil dari Dana Operasional Dana Desa”, Sambung Yusman Waruwu.

Pembuatan Rabat Beton di Dusun II ini, masih Yusman Waruwu, tentunya dapat dilaksanakan atas keputusan musyawarah yang sudah dilakukan bersama warga, sehingga disepakati lah bahwa Rabat beton sepanjang 180m, lebarnya 3m, dan 20m lagi disepakati lebarnya 2m, dan untuk penambahan yang 40 meter tadi lebarnya sesuai dengan lahan yang diberikan masyarakat”, Bebernya.

“Bapak-bapak dari media tentu bertanya-tanya tentang LPJU yang dikerjakan pada tahap I lalu, yang dapat saya jelaskan bahwa pembuatan dudukan untuk masing-masing tiang sudah selesai, tinggal menunggu barangnya saja, kebetulan di kecamatan Badiri ini ada beberapa Desa yang melaksanakan pembuatan LPJU, kita sepakati agar pemasangannya dikerjakan sekaligus untuk mengirit biaya lah tentunya”, Ucap Waruwu sambil menunjukkan titik lokasi pemasangan LPJU.

Disinggung terkait pembentukan Badan Usaha Milik Desa,(BUMDes) di Aek Horsik, Yusman Mengatakan, “kalau untuk BUMDes sendiri belum bisa saya berikan informasi yang lengkap lah, Sebab untuk Dana Desa yang akan dikucurkan pada tahap III nanti dananya Untuk pemberdayaan masyarakat”, ketusnya.

“,Bentuk Pemberdayaan yang kita lakukan di Aek Horsik ini, seperti pelayanan kesehatan Lansia, pemberian makanan bergizi bagi balita dan Lansia, kegiatan Senam Sehat bagi lansia yang dilaksanakan seminggu sekali”, Timpal Yusman lagi.

“Kegiatan yang saya sebutkan tadi tentunya membutuhkan biaya, seperti honor pelatih senam, ditambah lagi honor Guru mengaji dan honor Guru sekolah minggu yang sebelumnya sudah ditetapkan”, Sambung Yusman.

“Jika kita berbicara kembali ke BUMDes, Kepala Desa dan Aparatur Desa sudah merencanakan agar sisa Dana dari Tahap III, bisa digunakan nanti untuk pembentukan dan operasionalnya, tapi apa Bentuk BUMDes yang akan dibuat kami selalu memutuskannya Berdasarkan dari hasil musyawarah bersama masyarakat Desa”, Tandas Yusman Waruwu menutup pembicaraan pada wartawan.

(Asarudi waruwu/transakt).