Sabtu, 11 Juli 2020 | 05:29 WIB

Perlu Adanya Keterbukaan Pihak BPN Kab. Bandung dan BBWS, Kemana Sisa Sertifikat Warga Desa Sukamaju

foto

 

Perlu Keterbukaan Pihak BPN Kab. Bandung dan BBWS, Kemana Sisa Sertifikat Warga Desa Sukamaju

www.transaktual.com

Perlu dikonfirmasi dan klarifikasi terkait pengembalian sertifikat warga desa Sukamaju setelah diminta pihak BPN Kab Bandung tahun 2019 lalu sebagai bukti untuk menerima ganti rugi atas tanah warga yg terkena proyek Citarum Harum TA 2019 lalu, mengendap dimana.

Sebagian besar sertifikatnya masih ditangan BPN tapi ada juga yang sudah kembali ke warga, dan tadi (15/5/20) baru dikembalikan 28 dari 83 buku atau sertifikat milik warga,  “Diduga adanya lempar batu sembunyi tangan antara BPN kab Bandung dengan pihak BBWS Jabar (jalan Cidurian) terkait perihat pengembalian sertifikat warga desa sukamaju tersebut” ujar D Sihombing Ketua Tim Investigator dari Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli nasib rakyat tertindas, yang turut mendampingi para warga.

Pada saat pembentukan satgas Citarum Harum di desa Sukamaju kec Majalaya kab Bandung oleh BBWS dan BPN KAB BANDUNG Sekitar Januari 2019, Tim SATGAS melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajukan kompensasi Tanah warga dampak proyek Citarum Harum Maret-April 2019.

Pada bulan Maret - April 2019 Warga menyerahkan sertifikatnya (surat tanah) kepada SATGAS diteruskan ke BPN dan BBWS, yang selanjutnya warga menerima uang kompensasi.

Tetapi sejak penerimaan uang kompensasi dan penyerahan surat tanah (sertifikat....red) tidak ada informasi yang pasti batas waktu pengembalian sertifikat para warga tersebut, diduga juga tidak ditemukan tanda terima daftar nama pemilik surat tanah yang diterbitkan oleh instansi terkait.

Pada Tanggal 13 Mei 2020 yang baru lalu,  masyarakat mendapat informasi bahwa surat tanah akan dikembalikan tgl 14/5/2020 jam 10 pagi sampai selesai bertempat di desa Sukamaju kec Majalaya kab Bandung.

Pada saat penyerahan sertifikat kembali ke warga tidak dihadiri pihak BPN dan Kades, yang menyerahkan perwakilan BBWS ( Pak Son.... ) dan disaksikan oleh sekdes, tetapi tidak seluruh sertifikat yang dikumpulkan dulu yang dibagikan kembali, dan konfirmasi ke BPN  terkait sisa surat tanah yang belum dikembalikan, kapan akan dilaksanakan pengembaliannya  dan Apa alasan tidak hadir dalam pengembalian sertifikat warga desa Sukamaju kec Majalaya kab Bandung pada tanggal 14/5/2020 hanya melalui Bapak Ham.... ( Pihak BPN Kab Bandung ..?.).

Simpang siurnya sistem administrasi yang dilakukan kedua Instansi Pemerintah ini, menimbulkan tanda tanya besar, apakah sertifikat yang masih tersisa dan belum dikembalikan tersebut masih atas nama pemiliknya atau diduga sudah berpindah nama orang lain. Tim Investigasi dari berbagai elemen masyarakat termasuk Lsm dan Media, yang terus menelusuri keberadaan sisa sertifikat yang belum dikembalikan ke pemiliknya.

 

Investigator, D.S/transaktual.