Kamis, 17 Oktober 2019 | 05:19 WIB

"Transformasi UMKM di Indonesia menuju era digital "

foto

 

"Transformasi UMKM di Indonesia menuju era digital ".

www.transaktual.com

Adapun UMKM dalam era tahun politik dan era perdagangan bebas ini, diharapkan dapat  menangkap peluang yang baik dan apabila salah dlm  mengambil keputusan usaha akan menjadi tantangan yang begitu fatal. Maka dari itu, bentuk tantangan dan peluang yang sangat strategis dalam mengisi pesta demokrasi politik maupun persaingan pasar global diharapkan mampu memberikan multiflier effect bagi UMKM itu sendiri

contoh saja sebagai bahan perbandingan

tahun 2018 UMKM 5,27 % ,dan proyeksi 2019 UMKM 5,3 %

Dengan data diatas dr 2018 ke 2019 kenaikan nya tidak signifikan dengan harapan pada era teknologi digital ini seharus nya pemasaran pun diharapkan lebih mudah,cepat dan jangkauan yg lbh luas lagi nanti nya.

Data pengguna Go on line UMKM sbb:

2018  ........ 3,9 juta orang

2019.......... 8 juta orang di proyeksikan

UMKM juga akan kedepan nya menghadapi perdagangan bebas pada tahun 2020. Pada tahun tersebut telah disepakati untuk melaksanakan perdagangan bebas bagi ekonomi yg masih berkembang termasuk Indonesia.

Jadi dengan era digital dan teknologi yg berkembang diharapkan UMKM berkembang pesat dalam implementasi nya kelak.Adapun sosialisasi tentang peradaban teknologi ini menuju Go on line yg diharapkan, harus ada disetiap wilayah -wilayah diindonesia dengan para tenaga ahli yg diterjun kan langsung disetiap wilayah guna mempercepat target go online menuju reformasi digital .Arti nya sosialisasi sangat di butuhkan dlm penerapan setiap sistem dan perkembangan teknologi yg ada,mengingat tidak semua paham penggunaan sistem digital tersebut mengacu pada SDM kita nanti nya.peningkatan kompetensi SDM menjadi prioritas karena dapat memacu produktivtas dan daya saing sektor industri nasional kedepan nya.

Selanjut nya program penunjang reformasi UMKM sendiri menuju Go digital menurut pendapat saya pribadi yaitu *Internet masuk Desa* lebih diluaskan lagi jaringan nya karena ini untuk mencakup seluruh wilayah wilayah di indonesia nanti nya baik efek utk pelaku UMKM itu sendiri dan aspek lain nya menghadapi era teknologi yg berkembang,Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, UMKM merupakan sektor ekonomi yg menggerakkan perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu penggerak utama ekonomi Indonesia, pelaku UMKM harus melek terhadap perkembangan teknologi karena besar pengaruhnya terhadap bisnis.

Teknologi mengubah cara hidup manusia, termasuk di dalamnya cara berbisnis. Kini Indonesia memasuki era revolusi industri 4.0, di mana semua mesin dihubungkan melalui sistem internet atau disebut juga sebagai revolusi digital.

Sayangnya kesadaran terhadap pentingnya teknologi terhadap bisnis UMKM belum disadari sepenuh nya oleh semua pelaku UMKM di Indonesia.

UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia.Dan peranan sumbangan UMKM terhadap PDB Indonesia diproyeksi tv tumbuh sekitar 5 % pada 2019,total kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional tahun ini yang di dapat mencapai 65% atau sekitar Rp2.394,5 triliun.

Dari perspektif dunia,  diakui bahwa UMKM memainkan suatu peran yg sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di negara-negara sedang berkembang  , tetapi juga di negara-negara maju . UMKM di negara maju mencapai 99 persen dari jumlah unit usaha dari semua kategori.

Di Negara Sedang Berkembang seperti Asia, Afrika dan Amerika Latin, UMKM sangat penting khususnya dari perspektif kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi kelompok miskin, distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan, yg saat ini jumlah data kemiskinan kita pada 2019 diangka 25,14 juta orang atau sekitar 9,41 % menurun 0,25 persen poin terhadap September 2018 ,dan sangat jelas peranan UMKM guna pembangunan ekonomi baik dalam aspek luas dan aspek kecil, implementasi perencanaan taktis dan hasil menuju kegerbang indonesia maju.

Salam Perjuangan

[ditulis oleh ; Oleh Dewi Febriani]

(Yansen P/transact)