Senin, 22 Juli 2019 | 19:29 WIB

Raja Bonaran Situmeang Mantan Bupati Tapanuli Tengah, di vonis 5 thn penjara denda 1 miliar

foto

 

Raja Bonaran Situmeang di vonis 5 thn penjara denda 1 miliar.

Transaktual,

Keputusan sidang raja Bonaran Situmeang, mantan Bupati Tapanuli Tengah, 08 juli 2019. Hakim yang menangani perkara kasus penipuan & TTPU dengan terdakwa raja Bonaran Situmeang, hakim ketua & beserta kedua anggota nya martua Sagala, Obaja Sitorus, & Marolop Bakara menyatakan bahwa raja Bonaran Situmeang terbukti & bersalah tindak pidana pencucian uang (TTPU) menjatuhkan pidana 5 thn denda Rp 1 miliar.diputuskan pada 08 Juli 2019. Menetapkan masa penahanan yang telah di jalani terdakwa di kurang kan seluruh nya dgn pidana yg di jatuhkan. Hukim pun memberikan waktu selama 7 hari setelah vonis apabila raja Bonaran Situmeang menolak melakukan upaya hukum banding.

Massa pendukung Bonaran Situmeang Protes.

Para pendukung Bonaran memprotes vonis hakim 5 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara terhadap Bonaran. Menurut mereka, vonis yang dijatuhkan hakim terhadap Bonaran tidak adil. "Hakimnya tidak adil dan sudah disuap. Sama dengan jaksanya yang sudah disuap. Bonaran harus dibebaskan," sambil teriak pendukung Bonaran di halaman PN Sibolga,senin 8 Juli 2019 sore.

Bahkan ada tiga orang wanita pendukung Bonaran berniat membawa Bonaran ke rumahnya. Bonaran tidak bersalah, awas saya akan bawa anak saya itu (Bonaran) pulang ke rumah sambil teriak, & diantara mereka ada yang meleparkan jeruk manis di kaki lima PN wanita paruh baya yang menurut rekannya adalah bibi Bonaran.

para pendukung Bonaran kembali riuh melampiaskan rasa kesal mereka atas putusan Hakim. "Biarlah Tuhan yang membalaskan semua perbuatan kalian itu," teriak beberapa orang di antara massa ada seorang wanita yg mengangkat sebuah drum tong sampah berteriak dan sambil membanting drum itu di halaman PN sibolga.

Terkait tuduhan dari pendukung Bonaran bahwa hakim dan jaksa diduga sudah disuap, belum diperoleh tanggapan dari pihak terkait. Ada seorang wanita pendukung Bonaran mengatakan Vonis terhadap mantan Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang itu lebih ringan dari tuntutan JPU 8 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara.

(Asarudi Waruwu/transakt)