Rabu, 14 April 2021 | 14:37 WIB

Info Dari Rumah Gagasan ; "GOR Pajajaran Riwayatmu Kini"

foto

 

Info Dari Rumah gagasan ; "GOR Pajajaran Riwayatmu Kini".

www.transaktual.com

Kota Bandung dinobatkan menempati peringkat ketujuh dengan makanan tradisional terbaik di dunia, perlu juga diketahui bahwa Kota Bandung yang dikelilingi gunung suatu saat diramal akan heurin ku tangtung atau padat penduduknya. 

Dalam bahasa Sunda heurin artinya sempit, berdesakan, sedangkan tangtung atau nangtung artinya berdiri, jadi heurin ku tangtung artinya orang berdiri berdesakan atau padat penduduk.

Bandung kota kembang yang dulu dijuluki Parijs van Java sudah terengah-engah menyangga berbagai fasilitas dilingkungannya, salah satu contoh adalah Gelanggang Olahraga Padjadjaran, sebuah gelanggang olahraga serbaguna di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Gelanggang olahraga ini umumnya digunakan untuk olahraga. Dibangun pada tahun 1974.

Ironis saat ini dengan berbagai alasan kesibukan untuk Pandemi Covid-19, kebersihan dan Kesehatan tidak menjadi Budaya. Terlihat carut marut Sampah di Lokasi GOR Pajajaran Bandung. Pembinaan Atlet pun tidak dibarengi dengan keperdulian terhadap Sampah, apalagi masyarakat lainnya. Hanya sebagian kecil yang perduli terhadap Sampah.

Itu pun terkendala untuk tempat penampungan / fasilitas dan sumber daya pengangkutan.

Jadi bagaimana kita Bisa #proudofbandung ???

Pengunjung bukan hanya masyarakat dan atlet sekitaran kota Bandung, tetapi juga dari luar kota Bandung. Siapa yang bertanggung jawab?

Apakah menunggu relawan pembersih sampah? Apakah segala sesuatu salah masyarakat nya?

Bagaimana sarana prasarana? Bagaimana Budaya Tangguh Bencana termasuk Sampah nya?

Bagaimana edukasi dan penerapan disiplin nya?

Janganlah suatu saat slogan Kota Bandung "Bandung di lingkung ku Gunung" berubah menjadi "BANDUNG DI LINGKUNG KU RUNTAH"

Nama lokasi kegiatan, dengan  menggunakan nama "Pajajaran" yang melekat pada urang Sunda, tidak terawat / terjaga dari Sampah, sangat memprihatinkan.

 

RUMAH GAGASAN ;

"MENGERJAKAN HAL BIASA DENGAN CARA LUAR BIASA"

#lawancovid19 #tangguhbencana #pedulilingkungan #jabarresilliencecultureprovince #jabarjuaralahirbatin #kangpisman

@ridwankamil @mangoded_md @sumarnaema @halobandung @disbudpar.bdg @dispora_bdg @koni_jabar @konikotabdg @dlhk_kotabandung @dlh_jabar @daniramdan0112 @ramram.mukhlis @enugraha @sapta_dasuki @bdgmitigasihub @bpbd_jabar @4zmi_noor

https://www.instagram.com/tv/CNPXfPdh5U7/?igshid=1fyv8sfri9wvd

cakra/transaktual.