Rabu, 14 April 2021 | 15:25 WIB

Kadisdik Jabar Dedi Supandi, "Kepala KCD Jabat Ketua PPDB 2021"

foto

 

Kadisdik Jabar Dedi Supandi, "Kepala KCD Jabat Ketua PPDB 2021".

BANDUNG, www.transaktual.com

Banyak perubahan dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 dari tahun sebelumnya. Untuk kepanitaan misalnya, Ketua panitia PPDB adalah seluruh kepala kantor cabang dinas (KCD).

“Seluruh kepala cabang dinas adalah ketua PPDB di wilayahnya masing-masing. Yang ada di Dinas Pendidikan hanya koordinator. Kami nanti akan memantau PPDB yang ketuanya para kepala cabang dinas, dengan mencoba melakukan road show ke beberapa tempat yang harus dilakukan segera langkah-langkah penyelesaian dalam PPDB,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi, saat menggelar acara Teras Radjiman 6, Rabu (10/02/2021) di Kantor disdik.

Teras Radjiman 6 merupakan ruang komunikasi untuk menyampaikan aspirasi atau masukan mengenai masalah pendidikan. Teras sendiri merupakan singkatan dari temu aspirasi. Sedangkan Radjiman 6 merujuk pada alamat jalan.

Dikatakan Dedi, prinsip dari PPDB masih sama yakni akuntabel, transparan, dan objektif. Langkah-langkahnya, kini sedang dilakukan penyusunan perubahan Pergub tentang PPDB. Setelah itu akan dilakukan uji publik terkait aturan tersebut dengan melibatkan pemerhati atau peduli pendidikan. Lalu ditindaklanjuti dengan pembuatan juknis termasuk rencana pelaksanaan PPDB itu sendiri.

Terkait dengan jalur, tambah Dedi, masih tetap ada jalur afirmasi yang di dalamnya terdiri dari KETM, prestasi dan juga perpindahan orang tua yang sekarang istilahnya perpindahan tugas. Setelah itu beres, baru jalur zonasi.

Termasuk juga untuk jalur prestasi. Kalau kemarin dilakukan dengan nilai UN, maka tahun ini nilai raport pada lima semester terakhir yang disampaikan sekolah adalah bagian yang akan dinilai dalam PPDB.

“Evaluasinya adalah dari tahun kemarin lulusan SMP atau MTs, ini paling hanya terserap di 41 persen di negeri. Jadi kalau sekolah negeri ada 833, sedangkan jumlah swasta ada 4.146 maka PPDB tahun ini teman-teman di sekolah swasta masuk ke dalam sistem PPDB,” ujarnya menutup percakapan.

 

 

(DS/transaktual)..