Minggu, 7 Maret 2021 | 09:46 WIB

Rafael Situmorang, Anggota Dewan Jabar ; ”Bansos Menjadi Wajib, Bantu masyarakat Yang Terdampak "

foto

 

Rafael Situmorang, Anggota Dewan Jabar ;”Bansos Menjadi Wajib Hukumnya Bantu masyarakat yg terdampak Covid 19”.

www.ytransaktual.com

Sebagai anggota Dewan di Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Rafael Situmorang dalam rapat pembahasan dengan Pemprov Jabar tanggal 15 Januari 2021 lalu,  dalam draft Perda Perubahan Perda Trantib, bahwa yang dimaksudkan untuk memasukkan upaya pemerintah mengatasi dan menegakan Protokol kesehatan untuk pulih dari pendemi covid-19, “Saya meminta agar Bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak dalam memenuhi kebutuhan pokok menjadi "wajib" hukumnya, tidak sekedar "dapat " yg tidak mengikat pada Pemerintah” ujar Rafael, pada sidang pembahasan tentang Bantuan Sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid 19.

Sementara itu beberapa waktu lalu, Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat juga melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cirebon dengan mendatangi Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cirebon.

Maksud dan tujuan ialah untuk mendapatkan masukan terhadap perubahan Perda Provinsi Jawa Barat No. 13 Tahun 2018 tentang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Masukan-masukan tersebut akan dijadikan pelengkap untuk Perda Trantibum yang nantinya akan dijadikan payung hukum untuk tindakan yang dilaksanakan Pemprov dan Satpol PP ketika dilapangan. Serta problemnya masih sama dengan daerah-daerah lain yang belum punya perda khusus dalam penanganan serta pengaturan para petugas yang dilapangan, karena sangat rentan terpapar.

Rafael ditempatkan di Komisi I yang di antaranya membidangi Pemerintahan, Penerangan dan  Pers, Hukum Perundang-undangan, Partai Politik, Ormas dan Pertahanan.

Dilain kesempatan, Rafael juga mengatakan, “Kedepan Jabar akan mempunyai badan urusan logistik dan punya gudang-gudang di daerah Karawang,  Purwakarta, Subang, dan lainnya. Perda ini merupakan inisiasi dari Fraksi PDI Perjuangan, jadi merupakan Perda usulan DPRD Jabar,” papar Rafael sebagai salah satu Pansus Perda mengenai Pusat Distribusi di Jawa Barat.

Rafael berpandangan, bahwa sebagai wakil rakyat sudah seharusnya bersikap dan berfikir inklusif.

 

(Transaktual)