Minggu, 24 Januari 2021 | 09:04 WIB

Plt. Kepala SLBN A Pajajaran Kota Bandung, Raih Juara Terbaik I Tingkat Nasional

foto

 

Plt. Kepala SLBN A Pajajaran Kota Bandung, Raih Juara Terbaik I Tingkat Nasional.

www.transaktual.com

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Pajajaran yang juga Kepala SLBN Cicendo Kota Bandung, Wawan berhasil meraih Juara Terbaik I Tingkat Nasional "Lomba Kepsek SLB Berdedikasi dan Berinovasi Tahun 2020 di Masa Covid-19". 

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Pendidikan Menengah (Dikmen), dan Pendidikan Khusus (Diksus) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di Jakarta pada Senin (23/11/2021) malam ini, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2020.

Wawan berhasil menjadi juara atas inovasinya mengembangkan aplikasi teleconference "Team Talk" dan "BBI Radio Streaming" sebagai solusi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19 bagi peserta didik tunanetra di SLBN A Pajajaran Kota Bandung.

Wawan mengatakan, sebagai SLB tertua di Asia Tenggara, pihaknya berusaha memberikan layanan pendidikan yang mudah diakses untuk kebutuhan belajar siswa tunanetra. "Di antaranya, melalui aplikasi Team Talk dan media informasi BBI Radio Streaming ini bagi kebutuhan belajar peserta didik tunanetra selama pembelajaran jarak jauh ini," ungkapnya saat ditemui di sekolah, Jln. Pajajaran No. 50, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020).

Wawan pun mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan dirinya sehingga berhasil meraih penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, Dedi Supandi, Kapus P4TKTKPLB, Kabid PKPLK, Kacadisdikwil VII, Pengawas PLB, Kaprodi PKh UPI, Ketua Umum IGPKH Indonesia, dan Pak Dedi Kustawan dari Lintang Samudra Edukasi yang telah  membuat testimoni video sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan aplikasi teleconference Team Talk dan BBI Radio Streaming bagi peserta didik tunanetra di SLBN A Pajajaran," tuturnya.

Wawan juga spesial mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan di SLBN A Pajajaran dan SLBN Cicendo Kota Bandung karena telah memastikan para siswa mendapatkan hak-hak pendidikan yang bermutu di masa Covid-19.

"Terima kasih yang tak terhingga buat istri, anak-anakku, dan ibu tercinta atas dukungan dan doanya. Semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal kebaikan," ucapnya.

Wawan berharap, ke depan standar minimal pelayanan pendidikan yang mudah diakses dan merujuk pada 8 standar nasional pendidikan, hadir di sekolahnya.

Tantangan dan Apresiasi.

Sementara itu, Direktur GTK Dikmen dan Diksus, Yaswardi menyampaikan bahwa tahun 2020 merupakan tantangan baru bagi dunia pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, peringatan Hari Guru Nasional yang mengangkat tema "Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar" ini merupakan momentum kolaborasi bagi semua ekosistem pendidikan Indonesia untuk kemajuan pendidikan Indonesia. 

"Apresiasi sangat besar kita berikan kepada guru dan kepala sekolah berdedikasi yang  telah mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktunya. Mereka tidak pernah berhenti memberikan kemanfaatan dan inovasi dalam kreativitas. Juga produktif dalam berkarya, melakukan kebaruan dalam pembelajaran, dan menginspirasi rekan sesama guru dan kepala sekolah dengan berbagi praktik baik," paparnya.

Ono/transaktual.