Senin, 25 Januari 2021 | 14:05 WIB

Jamintel Kejaksaan RI Dukung Pembentukan Forwaka Di Daerah

foto

 

Jamintel Kejaksaan RI Dukung Pembentukan Forwaka Di Daerah.

www.transaktual.com

Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Kejaksaan RI, Dr. H. Sunarta, SH., MH mendukung terbentuknya Forum Wartawan Kejaksaan Agung di daerah (tingkat Kejaksaan Tinggi). Sinergitas yang sudah ada selama ini perlu ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Jamintel pada acara Silaturahmi Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan RI dengan Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka) (28/11/2020). Pada acara yang didahului dengan pemilihan pengurus baru Forwaka siang harinya tersebut, dikatakan Jamintel, "Seperti dikatakan tadi pak Ketua Forwaka berkomitmen mengenai  Forwaka di daerah - daerah, Sunarta bercerita sewaktu menjadi Asintel di Jawa Tengah telah membentuk Forwakat, Forum Wartawan Kejaksaan Tinggi bahkan berbagai kegiatan kami jalankan bersama sebagai mitra yang bersinergi. Ini semua tadi sudah disampaikan Ketua Forwaka, mudah - mudahan ini semua dapat kita dukung bersama. Apa yg menjadi tupoksi kami sebagai institusi penegak hukum, juga disuarakan oleh rekan - rekan dari Forwaka. Betul apa yang dikatakan Pak Zamzam tadi, jangan sampai kawan - kawan yang tergabung dalam Forwaka menyampaikan beritanya salah, mari kita duduk bersama, kita tidak menganggap kami lebih tidak juga menganggap kawan - kawan kurang memahami ketentuan hukum. Jadi mari kita diskusi bareng - bareng supaya istilah - istilah hukum itu dalam pemberitaan selalu benar. Inilah salah satu fungsi sebagai mitra diantara kita semua. Tentu mitra yang bersinergi, mitra yg saling mendukung sehingga ke depan ini lebih baik lagi, kata mantan Jampidum itu.

Masih menurut Sunarta, pada acara yang diselenggarakan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) tersebut Selamat sekali lagi saya ucapkan kepada Pak Zamzam dan seluruh anggota yg telah membentuk kepengurusan yang baru, walaupun memang stok lama. Jadi mudah - mudahan sinergitas yang sudah terbentuk selama ini kita dapat petakan bila perlu kita dapat tingkatkan. Tadi dikatakan bahwa itu semua sesuai dengan Tupoksi masing masing, kita bersama rekan rekan (dari Kejagung) di sini itu sebagai bagian dari pelaksanaan tugas. Namun jangan lupa bahwa kita makhluk Allah, apapun yg kita kerjakan bagian dari ibadah kita. Acara yg direncanakan di Karawang, karena zona nya hitam  sehingga diputar ke sini (Cicurug Kabupaten Sukabumi).

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur itu sebelumnya bercerita sewaktu dirinya menjadi Asintel di Jawa Tengah telah membentuk Forwakat, Forum Wartawan Kejaksaan Tinggi bahkan berbagai kegiatan kami jalankan bersama sebagai mitra yang bersinergi," paparnya.

Pada acara yang diadakan di tengah - tengah pandemi tersebut turut hadir Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI, Hari Setyono, SH dan jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Bambang Yunianto dan jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cianjur, Heru Widiatmoko dan jajaran, para wartawan yang tergabung dalam Forwaka maupun yang belum serta undangan lainnya.

Hadiri Silaturahmi bersama Forwaka, Jamintel Sunarta: “Kita Pertahankan Bila Perlu Kita Tingkatkan”

Jaksa Agung Muda bidang Intelijen ( Jam-Intel ) Kejaksaan Agung Dr.Sunarta menghadiri acara Silaturahmi Forum Wartawan Komunikasi Kejaksaan Agung  ( Forwaka ).Acara tersebut digelar dalam rangkaian pemilihan ketua Forwaka masa Bhakti periode tahun 2020-2022.Zamzam Siregar terpilih kembali untuk menahkodai Forwaka selama dua tahun kedepan, terpilih secara aklamasi.

Turut hadir pada acara tersebut, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono,Kajari Kabupaten Sukabumi Bambang,Kajari Cianjur Khumaidi dan sejumlah jajaran kedua Kejari.

Jam Intel Dr.Sunarta dalam kata sambutannya mengatakan bahwa forum wartawan kejaksaan sebagai mitra yang bersinergi dengan Kejaksaan.Sunarta menyebut bahwa Forwaka selain di Kejagung juga sudah terbentuk di sejumlah Kejati di daerah.

"Jadi kami sudah bentuk waktu itu bahkan berbagai kegiatan kami jalankan bersama sebagai mitra yang bersinergi dan ini semua tadi sudah disampaikan Pak Ketua,"katanya.

"mudah-mudahan ini semua dapat kita dukung bersama agar apa yang menjadi tupoksi kami sebagai Institusi Penegak Hukum juga disuarakan oleh rekan-rekan dari Forwaka," ujar Dr.Sunarta sembari mengatakan jangan sampai kawan-kawan yang tergabung dalam Forwaka menyampaikan beritanya salah.

Pada kesempatan ini Sunarta mengajak kepada wartawan yang tergabung dalam Forwaka bersama sama memahami dan berdiskusi dengan istilah istilah hukum.

"Mari kita dukung bersama, kita tidak menganggap kami lebih, tidak juga  menganggap kawan-kawan kurang memahami ketentuan hukum, tapi mari kita diskusi bareng-bareng supaya istilah-istilah hukum itu nanti dalam pemberitaan selalu benar,"jelasnya.

"Inilah salah satu fungsi sebagai mitra diantara kita semua, tentu mitra yang bersinergi mitra yang saling mendukung sehingga kedepan menjadi lebih baik lagi," sambungnya.

Dalam kesempatan ini Jam-Intel menyampaikan ucapan selamat kepada ketua Forwaka yang baru periode masa Bhakti tahun 2020 -2022.

"Sekali lagi saya ucapkan ke Pak Zamzam  dan seluruh anggota Forwaka yang telah membentuk kepanitiaan dan kepengurusan yang baru"

"Jadi mudah-mudahan sinergitas yang sudah terbentuk selama ini kita dapat pertahankan bila perlu kita dapat tingkatkan,"pintanya.

Mengakhiri kata sambutannya Jam-Intel menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kajari Kabupaten Sukabumi dan Kajari Cianjur yang turut serta memberikan dukungan terselenggaranya acara ini.

"Dan sangat terima kasih sekali kepada Pak Kajari Kabupaten Sukabumi yang telah mendukung kegiatan ini dan Pak Kejari Cianjur yang berkenan hadir," pungkasnya.

Secara Aklamasi Zamzam Siregar Kembali Terpilih Menjadi Ketua Forwaka.

Forum Komunikasi Wartawan Kejaksaan Agung  atau lebih dikenal dengan sebutan Forwaka menggelar acara silaturahmi dan sekaligus pemilihan ketua periode tahun 2020-2022. Secara resmi acara di buka oleh Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono, kemudian dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban pengurus tahun 2018/2020.

Kemudian acara yang di pimpin oleh pembawa acara, Jimmy, dilanjutkan dengan rapat sidang pleno pemilihan ketua Forwaka.Sidang pleno dipimpin Haris Fadillah (pembina Forwaka ). Dalam rapat pleno tersebut hak suara para peserta meminta dilanjutkan kembali Zamzam Siregar. Secara aklamasi Zamzam Siregar ( Harian Terbit ) terpilih kembali sebagai Ketua Forwaka periode Tahun 2020-2022.

Dalam kesempatan itu, Haris menanyakan kepada para peserta yang hadir pada rapat tersebut. Yang dihadiri kurang lebih 40 wartawan yang juga sebagai anggota Forwaka yang hadir ditanya terkait persetujuan Zamzam terpilih kembali sebagai ketua Forwaka.

“Gimana teman-teman, apakah terima Zamzam kembali menjadi Ketua Forwaka,” tanya Haris dalam sidang pleno yang berlangsung di Taurus Resort Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2020). Sontak para peserta mengiyakan pertanyaan itu. “Iya,” jawab para peserta rapat yang diiringi oleh tepuk tangan yang meriah.

Lalu Haris memastikan kembali siapa saja yang setuju Zamzam kembali diberi amanah sebagai Ketua Forwaka. Haris meminta yang setuju untuk mengangkat tangan ke atas. Terlihat  99 persen anggota mengangkat tangan ke atas. Setelah itu, pimpinan sidang bertanya kepada Zamzam. "Apakah bersedia saudara Zamzam kembali diberi amanah sebagai Ketua Forwaka?," tanya ketua sidang. “Kalau teman-teman mempercayai saya kembali menjadi Forwaka, saya bersedia,” tegas Zamzam di podium acara tersebut.

Setelah mendengar jawaban kesiapan Zamzam menjadi ketua, pimpinan sidang mengesahkan Zamzam sebagai Ketua Forwaka periode 2020-2022.

(Y Chs S./Muzer/Transakt)