Minggu, 24 Januari 2021 | 09:15 WIB

Widyaiswara Kementerian Pertanian, Doktor Baru Ahli Sapi Pasundan

foto

 

Widyaiswara Kementerian Pertanian, Doktor Baru Ahli Sapi Pasundan.

Banyumas- www.tramsaktual.com

Prodi Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed tidak hanya menerima mahasiswa S3 dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Hari Selasa 24112020 di usia yang ke-54 Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed, selesai Ujian Terbuka untuk memperoleh gelar doktor mengumumkan bahwa drh.E.Nia Setiawati,MP. lulusan kedua Progrom Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed, ungkap Humas Dies Natalis ke-54 Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Pelaksanaan Ujian Terbuka Disertasi menurut Kaprodi Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed Dr.Ir.Agus Susanto,M.Sc.Agr. di gelar selain luring di Fapet Unsoed yang dihadiri Wakil Rektor bidang 1 Unsoed, para Wakil Dekan Fapet Unsoed, dan Asisten Direktur 1 Pascasarjana Unsoed, juga dilaksanakan daring menggunakan zoom (terbuka untuk umum).

Sebagai promotor yaitu Prof. Dr.Ir.Mas Yedi Sumaryadi,MS. dan Ko-Promotor Prof.Ir Dadang Mulyadi Saleh,MS,.M.Agr.Sc,.Ph.D. Sedangkan Ketua Sidang: Prof.Dr. Ismoyowati,S.Pt.,MP. Kemudian penguji eksternal pertama Prof.drh.Iman Supriatna,Ph.D. (IPB) dan kedua Dr.Ir.Dicky Pamungkas,M.Sc.

Selanjutnya penguji internal pertama Dr.Ir. Mochamad Socheh,MS. dan kedua Ir.R.Mulyoto Pangestu, M.Rep.Sc.,Ph.D. Adapun judul disertasi: KAJIAN KINERJA REPRODUKSI SAPI PASUNDAN YANG DIINDUKSI HORMON EKSOGEN HUBUNGANNYA DENGAN PROFIL HORMON HEMATOLOGIS, METABOLIT DARAH DAN ASPEK EKONOMI

Dr.Agus Susanto menjelaskan bahwa pekerjaan drh.E.Nia Setiawati,MP. yakni Widyaiswara Ahli Utama di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) di Kementrian Pertanian RI. Pendidikan drh.Nia sebelum masuk di Unsoed pada tahun 2017 yakni S1 Kedokteran Hewan 1984 FKH IPB Bogor, S2 Sumber Daya Ternak 2005 Fapet Unsoed.

Selanjutnya Dr.Agus Susanto memaparkan pengalaman pendidikan dan pelatihan drh.Nia di luar negeri, di antaranya pertama Livestock Production di Republic Of Korea (2000) dan kedua Farm Animal Production And Nutrition, Animal Heath and desease Management di Australia (2013).

Alummi Program S2 dari University of Goettingen, Germany Dr.Ir.Agus Susanto,M.Sc.Agr. mengatakan bahwa drh.Nia lulus dalam waktu 3 tahun 2 bulan. Hasil penelitian drh.Nia telah dipublikasikan pada Journal of Animal Production, Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture, dan Seminar Internasional pada Animal Science and Food Technology Conference ke 2. Berikut hasil penelitian penting, pertama Induksi hormon eksogen dapat meningkatkan produktivitas induk dan anak serta pendapatan peternak. Kedua, Induksi hormon eksogen dapat menjadi program pemerintah dalam optimalisasi kinerja reproduksi dan produks guna pelestarian sapi Pasundan.

Salah satu penguji dari Monash University, Melbourne, Australia Ir.R.Mulyoto Pamgestu, M.Rep.Sc.,Ph.D. menambahkan bahwa semasa belajar, drh.Nia sangat tekun dan benar-benar mampu menerapkan ilmunya. Demikian pula saat menjalani studi S3 di Unsoed, drh.Nia juga masih sempat membantu pelaksanaan kursus Inseminasi Buatan di Fak. Peternakan Unsoed. Dari hasil ngobrol dan diskusi dengan beliau. Nampak bahwa drh.Nia memiliki semangat dalam belajar dan mencari ilmu serta tidak pernah segan untuk bertanya serta mengajak diskusi apabila ada hal yang belum diketahui.

Diki/transakt.