Minggu, 24 Januari 2021 | 08:57 WIB

Hassan Ishaq Hassan Haren Lulus Program Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed

foto

 

Hassan Ishaq Hassan Haren lulus Program Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed

Banyumas- www.transaktual.com

Hari ini Rabu 11112020 hari bersejarah bagi Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed. Di usia yang ke-54 Fapet Unsoed, sekitar pukul 11.11 diumumkan Hassan Ishaq Hassan Haren lulus dengan hasil sangat baik dan merupakan lulusan pertama Program Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed, ungkap Humas Dies Natalis Fapet Unsoed ke-54 Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Kaprodi Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unsoed Dr.Ir.Agus Susanto,M.Sc.Agr. menjelaskan pekerjaan Hasan yakni Dosen di Faculty of Agriculture, Omdurman Islamic University - Sudan (2012 - sekarang). Pendidikan Hassan sebelum mulai masuk di Unsoed pada tahun 2017 dengan major keahlian Molecular Genetics yaitu dengan menempuh pendidikan M.Sc. (Master) Animal Breeding dan Reproduction di Padjadjaran University, dan B.Sc. (Honors) Animal Production di Omdurman Islamic University-Sudan.

Pelaksanaan Ujian Terbuka Disertasi tersebut menurut Dr.Agus Susanto di gelar selain di Ruang Seminar 1 Lantai 3 Fapet Unsoed, juga dilaksanakan daring menggunakan Zoom. Adapun judul disertasi: GENETIC VARIATION IN THE CALPASTATIN AND MYOSTATIN GENES AND THEIR ASSOCIATION WITH GROWTH AND CARCASS TRAITS IN BATUR SHEEP.

Kesimpulan Disertasi:
1. Ditemukan keragaman genetik pada level molekuler dari gen calpastatin dan myostatin pada domba Batur.
2. Gen calpastatin dan myostatin pada domba Batur memiliki hubungan dengan sifat pertumbuhan dan karkas.
3. Gen calpastatin dan myostatin pada domba Batur dapat digunakan pada program seleksi dini untuk meningkatkan sifat pertumbuhan dan karkas jika diterapkan dengan sampel yang lebih banyak (large scale).

Sebagai pembimbing mahasiswa S3 sekaligus pembimbing akademik (promotor) yakni Dr.Ir.Dattadewi Purwantini,MP., dan Ko – Promotor Prof.Dr.Ir.Mas Yedi Sumaryadi,MS.

Sedangkan Tim Penguji Prof.Dr.Agr.Asep Gunawan,S.Pt.,M.Sc.(Fapet IPB), Mulyoto Pangestu,Ph.D. (Fapet Unsied/Melbourne University), Dr.Ir.Agustinah Setyaningrum,MP., dan Dr.Ir.Agus Susanto,M.Sc.Agr.

Selanjutnya Pimpinan Sidang Prof.Dr.Ismoyowati, S.Pt.,M.P. (Dekan Fapet Unsoed). Alumni Program S2 dari University of Goettingen, Germany Dr.Ir.Agus Susanto, M.Sc.Agr. mengatakan bahwa Hassan termasuk lulus tepat waktu 3 tahun dan mempresensentasikan disertasinya baik pada seminar nasional maupun internasional.

Dr.Dattadewi promotor Hassan mengatakan bahwa Hassan adalah mahasiswa yang cerdas dan pintar. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga mudah bergaul. Komunikasi Bahasa Indonesia bagus dan lancar. Dalam menyelesaikan tugasnya tepat waktu dan disiplin. Terbukti dengan publikasi yang dihasilkan selama tiga tahun baik di Internasional maupun nasional ada 4 publikasi yaitu 2 proceding internasional, 1 journal international dan 1 journal nasional terakreditasi.

Dr.Dattadewi berharap; semoga yang sudah diperoleh selama melaksanakan studi S3 di Fapet Unsoed, akan memberikan manfaat bagi keluarga, masyarakat, dan lingkungannya.

Diki/transakt.