Sabtu, 5 Desember 2020 | 18:59 WIB

Pemkot Bandung Tunda Pembangunan Tahap Dua Skywalk Cihampelas

foto

 

Diharapkan keberadaan Skywalk ini dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Bandung – www.transaktual.com

Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menunda pembangunan tahap dua Skywalk Cihampelas karena anggaran yang digunakan direalokasikan untuk penanganan Covid-19.

"Pembangunan tahap dua itu awalnya direncanakan akan dilakukan pada tahun 2020 digeser ke tahun 2021," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bandung Ir. Didi Riswandi. MT di Balai Kota Bandung, Selasa, 21 Juli 2020. "Anggarannya terdapat pergeseran (realokasi), akan dilanjutkan pada 2021."

Menurutnya, secara keseluruhan, pembangunan Sky Walk itu sudah mencapai 92 persen. Pada tahap dua itu, pembangunan yang dilakukan bersifat penyelesaian hingga 100 persen.

Pembangunan tahap dua itu, kata dia, meliputi pagar, tempat duduk, dan fasilitas pelengkap lainnya. Anggaran untuk pembangunan tahap dua itu menurutnya sebesar Rp 5 miliar.

Namun anggaran itu dialihkan untuk penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Kota Bandung. Selain Skywalk Cihampelas, menurutnya, ada beberapa pembangunan lainnya di bawah Dinas Pekerjaan Umum yang tertunda karena pandemi.

"Jadi nantinya toko-toko di Cihampelas itu nyambung semuanya (dengan Skywalk), kalau sekarang kan baru satu yang tersambung," katanya.

Meski begitu, Dinas Pekerjaan Umum terus mendorong agar wisatawan dapat menikmati fasilitas Skywalk tersebut. Pasalnya saat ini pemanfaatan fasilitas tersebut untuk pariwisata belum optimal.

Proyek pembangunan Sky Walk Cihampelas tahap II tidak bisa dilanjutkan tahun ini. Pasalnya anggaran untuk pembangunan infrastruktur tersebut dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Untuk diketahui, pembangunan Sky Walk Cihampelas tahap II juga sempat dihentikan pada 2019 lalu. Proyek tersebut dihentikan karena pelaksana proyek tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal.

Akhirnya Pemkot kembali menyiapkan anggaran untuk melanjutkan pembangunan pada tahun 2020. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung sudah menyiapkan RP 5 miliar untuk melanjutkan proyek tersebut.

Namun, pembangunan Sky Walk Cihampelas tahap II dipastikan tidak bisa dilanjutkan tahun ini. Pasalanya anggaran yang sudah disiapkan dialihkan untuk penanganan Corona.

Sebelumnya Skywalk Cihampelas juga mandeg karena kisruh dengan pengembang. Kini Pemkot Bandung terpaksa menunda kembali pembangunan lantaran dana proyek dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Didi mengungkapkan, dalam beberapa waktu ke depan alokasi anggaran Skywalk Cihampelas sudah tersedia dan pembangunan bisa dimulai kembali. Adapun saat ini kondisi Skywalk Cihampelas masih sama seperti sebelumnya.

"Kita berharap anggaran pembangunan Skywalk bisa direalisasikan pada 2021 mendatang dan teranggarkan di APBD Kota Bandung," kata dia.

Pekerja terakhir yang dilaksanakan adalah mengecat dan memperbaiki pagar pembatas pembangunan skywalk teras Cihampelas, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jumat (24/7/2020).

 

Yusbadar/transakt.