Senin, 30 November 2020 | 11:11 WIB

Tingkatkan Index Kebahagiaan Masyarakat Kota Bandung, DPU Buka RTH Kanhay

foto

 

Wakil Walikota Bandung (H. Yana Mulyana, M.M.) didampingi Kadis DPU (Ir. Didi Ruswandi, M.T.,) bersama Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) pada penanaman pohon di Kanhay Blok Garung.

Bandung | www.transaktual.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menambahkan inovasinya, memungsikan kembali Ruang Tata Hijau (RTH) di wilayah Cibiru, Blok Garung (Kanhay) Kelurahan Palasari Kota Bandung.

Blok Garung Kanhay ini biasa digunakan sebagai arena Track Bike, namun menurut survey Kadis DPU (Ir. Didi Ruswandi, M.T.,) masih memerlukan penghijauan yang cukup, sehingga hari ini ditanam 815 tanaman produktif buah buahan dan tanaman keras lainya.

Di lokasi tanam Wakil Walikota Bandung (H. Yana Mulyana, M.M.,) mengatakan, penghijauan ini untuk memanfaatkan lahan Pemkot Bandung yang sudah lama tidak dimanfaatkan, sehingga akan bermanfaat bagi masyatakat sekitar.

"Manfaat bagi Pemkot Bandung yaitu untuk mengurangi dampak banjir, kalau buat masyarakat yaitu hasil tanaman buahnya, sehingga mereka bisa menikmati dengan bebas," ujar Yana. 

Lahan seluas 8 (delapan) Ha. ini ditanami Durian, Alpukat dan tanaman keras lainya maka memiliki dua fungsi yang bersamaan yaitu menormalkan agregat tanah dengan mengembalikan keseimbangan Aerasi Tanah, sehingga upaya pemkot untuk mengurangi banjir dan menambah index kebahagiaan masyarakatpun akan diraih. 

Harapan yang sama dari Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Infantri Eppy Gustiawan), gerakan positif penghijauan kita lakukan bersama sama, yaitu pemerintah, LSM, Komunitas dan masyatakat maka perlu pemeliharaan bersama sama pula untuk mencapai kebahagiaan masyarakat.