Sabtu, 5 Desember 2020 | 18:24 WIB

Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Banyumas Tahun 2020/2021

foto

 

Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Banyumas Tahun 2020/2021.

Banyumas- www.transaktual.com

Senin tanggal 26 Oktober 2020 pukul 07.00 s.d 07.35 wib bertempat di Lapangan Makodim 0701/Banyumas Jln. Jendral Soedirman Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas telah dilaksanakan Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Banyumas Tahun 2020/2021 dengan Irup :

Ir. H. Achmad Husein (Bupati  Banyumas)

Dan Komandan Upacara AKP Aldino Agus angoro SE. SIK ( Kasat Sabara Polresta Banyumas ) yang diikuti lebih kurang 500 orang.

2. Adapun yang Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :

a. Ir. H. Achmad Husein (Bupati  Banyumas)
b. Drs. Sadewo Tri Lastiyono (Wakil Bupati Banyumas)
c. Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K. (Kapolresta Banyumas).
d. Letkol Inf  Candra, S.E., M.I.Pol (Dandim 0701/Banyumas)
e. Ibu Titi (Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas).
f. Ir. Didi Rudiyanto, S.H M.Si(Aspemin Kesra Sekda Kabupateb Banyumas)
g. Ka OPD Kabupaten. Banyumas
h. Para Perwira Jajaran Kodim 0701/ Bms
i. Para perwira jajaran Polresta Banyumas
j. Segenap Tamu Undangan lainnya

3. Susunan Pasukan sebagai berikut :

a. 1 SST Anggota Kodim 0701 / Bms
b. 1 SST Den Brimob Purwokerto
c. 1 SST Polresta Banyumas
d. Linmas Inti Kab. Banyumas
e. 1 SST BPBD & Tagana
f. 1 SST Senkom Mitra polri
g. 1 SST Pramuka PB , Senkom & Purwokerto Rescues
h. 1 SST Rapi , Ormas PP & Orari
i. 1 SST SAR & PMI Kabupaten Banyumas

4. Amanat yang di bacakan oleh Ir. H. Achmad Husein (Bupati  Banyumas) yang pada intinya.
Pada hari ini ini kita dapat mengikuti apel gelar pasukan kebencanaan mengawali sambutan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Banyumas, Dandim 071 Banyumas para relawan dan semua pihak yang telah bersinergi dalam dan orasi dalam mempersiapkan terlaksanakannya apel gelar pasukan kebencanaan pada pagi hari di Halaman Kodim 0701 Banyumas

Semoga apel gelar pasukan kebencanaan ini bisa menjadi sarana untuk melihat kesiapan dan kekuatan tanpa tanggap bencana serta untuk memperkuat komitmen sinkronisasi dan koordinasi dari semua pihak terkait dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam maupun non alam di Kabupaten Banyumas.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sejak awal tahun 2020 ini hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia terkena serangan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona kondisi ini akhirnya mengakibatkan Who menyatakan Penyakit korona ini menjadi pandemic dunia.

Meskipun saat ini energi dan perhatian pemerintah hanya disita untuk mencegah dan dampak dari pandemi covid 19 ini namun jangan hal tersebut membuat kita terlena dan lupa untuk mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana lain baik berupa bencana alam maupun non alam.

Untuk itu pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri pada tanggal 6 Oktober 2020 yang lalu telah menerbitkan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 440/500 600/ 52 perihal antisipasi kesiap siaga menghadapi bencana dalam situasi pandemi covid 19

Sejalan dengan hal tersebut apel gelar pasukan kebencanaan pada hari ini menjadi penting dan strategis Selain sebagai respon dan tidak pintar lanjut dari surat Mendagri tersebut juga sebagai bentuk kesiapsiagaan elemen di Kabupaten Banyumas untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,

Melalui apel ini juga dapat diketahui dan dicek kondisi dan kesiapan peralatan yang diperlukan dalam melakukan mitigasi bencana baik itu peralatan berat peralatan ringan atau peralatan pendukung lainnya dengan begitu ketika pada saatnya dibutuhkan peralatan-peralatan tersebut benar-benar pada kondisi siap untuk digunakan.

Selain itu apel gelar pasukan kebencanaan pada hari ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang Intens serta kerjasama yang sinergis dan profesional dari semua pemangku kepentingan sehingga apabila terjadi bencana dapat segera dilakukan tindakan penanggulangan maupun pengurangan resiko bencana secara cepat tepat dan berkoordinasi

Untuk itu marilah kita merapatkan Barisan bergandeng tangan dan bersinergi bersama-sama melakukan kesiapan dan persiapan dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam maupun non alam di wilayah kabupaten Banyumas termasuk langkah-langkah renang.

Demikianlah beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta kekuatan lahir dan batin kepada kita semua dalam upaya menjadikan Banyumas yang maju adil makmur dan mandiri

a. Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kab. Banyumas Tahun 2020/2021 adalah bertujuan untuk mengecek kesiap siagagaan dalam mengatasi apabila terjadi bencana alam yang akan terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas.
b. Selama kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Diki/transakt.