Minggu, 29 November 2020 | 20:24 WIB

TPAKD Kabupaten Tapanuli Tengah Dikukuhkan Gubsu Serentak Bersama 28 TPAKD Di Sumut

foto

 

TPAKD Kabupaten Tapanuli Tengah Dikukuhkan Gubsu Serentak Bersama 28 TPAKD Di Sumut.


Tapteng Trans Aktual.

PANDAN - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dikukuhkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu Edy Rahmayadi secara virtual bertempat di Aula Dinas Komunikasi Dan Informatika (Dinas Kominfo) Tapteng, pada Selasa (20/10/2020).

Gubsu mengukuhkan 29 TPAKD kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) di Pendopo Rumah Dinas Gubsu, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. TPAKD yang dikukuhkan serentak secara virtual itu, yaitu Tapanuli Tengah, Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Pakpak Bharat, Samosir, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidimpuan, Pematangsiantar, Sibolga dan Tanjungbalai.

Hadir pada pengukuhan TPAKD Tapteng secara virtual, yaitu Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Tapteng Zafril Abdi, SE, M.Si, Pimpinan Bank Sumut Cabang Pandan Deddy R. Hutabarat, dan mewakili OPD teknis terkait.

Di Sumut telah terbentuk 33 TPAKD kabupaten/kota, sebelumnya 4 TPAKD telah dikukuhkan, yaitu TPAKD Kabupaten Langkat, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor, termasuk sektor ekonomi yang melemah akibat daya beli masyarakat menurun. Untuk itu dilakukan berbagai upaya, termasuk memperluas akses keuangan masyarakat, salah satunya dengan pembentukan TPAKD. Upaya bersama melalui keberadaan TPAKD diharapkan masyarakat dapat lebih luas aksesnya ke sektor Jasa Keuangan Formal.

Sementara itu, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara mengapresiasi pembentukan 29 TPAKD di Sumut karena ini merupakan pembentukan TPAKD yang terbanyak di Indonesia.

“Dengan pengukuhan hari ini, jumlah TPAKD yang telah terbentuk saat ini 197 TPAKD, terdiri atas 32 TPAKD tingkat provinsi dan 165 TPAKD tingkat kabupaten/kota. TPAKD di Sumatera Utara ini merupakan yang terbanyak yang telah membentuk TPAKD,” kata Tirta Segara

“OJK berkomitmen untuk terus memperluas akses keuangan di Indonesia. Namun upaya tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja. Perlu sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, OJK, Bank Indonesia maupun industri jasa keuangan. Apalagi OJK sedang melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diadakan OJK. Peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui inklusi keuangan hanya dapat dicapai dengan sinergi dan kerja sama antara seluruh pemangku kepentingan,” lanjut Tirta Segara.

Kepala OJK Regional V Sumbagut Yusuf Ansori juga hadir pada pengukuhan TPAKD itu.

H.Htg