Minggu, 29 November 2020 | 20:44 WIB

Dana Desa Dikorupsi, Mantan Kades Bayongbong Diadili di PN Klas 1A Khusus Bandung

foto

 

Dana Desa Dikorupsi, Mantan Kades Bayongbong Diadili di PN Klas 1A Khusus Bandung.

Bandung – www.transaktual.com

Empat saksi, dihadirkan Jaksa Penuntut Umum  (JPU) pada sidang,Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk dimintai keterangan nya terkait dugaan korupsi dana Desa, dalam perkara ini mantan  Kepala Desa (Kades) bernama Eri Susanto,warga Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut menjadi terdakwa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sidang yang digelar diruang 3 Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Kls.1A Khusus Bandung Jl.RE.Martadinata. Dengan agenda mendengarkan keterangan saksi,dipimpin Majelis Hakim Benny didampingi 1 hakim karier dan Djodjo Djohari hakim adhock.Rabu (14/10/2020).

Terdawa Eri, diadili lantaran telah merugikan keuangan Negara, melalui dana desa sebesar Rp414 juta, dari sejumlah kegiatan fiktif. Akibat ulah terdakwa,  banyak warga yang protes karena di antara uang yang diduga korupsi adalah untuk kegiatan jalan lingkungan di desanya, sebesar Rp175 juta.

Dari keterangan saksi  dipersidangan menerangkan ,bahwa terdakwa telah mengembalikan kerugian negara, sebagian sudah diganti oleh tersangka sebesar Rp160 juta, ujarnya.

Tak hanya anggaran  untuk kegiatan jalan lingkungan, namun   anggaran untuk pembangunan kantor desan pun turut dikorupsi. Kegiatan lainnya, seperti untuk kegiatan pembuatan irigasi , uang yang dana Desa 2017-2018.

Akibat perbuatannya terdakwa terancam hukuman sebagaimana diatur, dikenakan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,hukuman minimal 4 tahun penjara.

(mph/pri/transakt)