Senin, 26 Oktober 2020 | 22:10 WIB

Mendikbud, Nadiem Makarim Luncurkan paket kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka"

foto

 

Mendikbud, Nadiem Makarim Luncurkan paket kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka" .

Banyumas-www.transaktual.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan paket kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka". Dalam rangka menindaklanjuti Permendikbud nomor 3 tahun 2020 khususnya yang terkait Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar Fakultas Hukum (FH) Unsoed, Purwokerto Jum'at 25092020 menggelar Inisiasi dan Lokakarya Penyusunan Draf Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Mitra Strategis secara luring - tatap muka, ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Dekan FH Unsoed Prof.Dr.Ade Maman Suherman,SH.MSc. (Prof.Ade) menegaskan bahkan dalam konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, mahasiswa diberi keleluasaàn untuk memilih mata kuliah di luar Program Studi (Prodi) dalam universitasnya dan di luar Prodi di luar universitas baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk mensukseskan agenda tersebut FH Unsoed sudah memperoleh hibah dari Dikti Kemendikbud untuk program kredit transfer dengan universitas di luar negeri yakni O.P.Jindal Global University di India khusus 4 mahasiswa yang akan kuliah di India, kata Prof.Ade.

Alumni S2 Univ. of Groningen, Belanda Prof.Ade menambahkan bahwa O.P.Jindal Global University sudah menjadi mitra FH Unsoed sejak tahun 2018 dan pernah mengirim 5 mahasiswa FH Unsoed kuliah di India selama satu semester sebelum adanya Pandemi Covid-19.

Adapun peserta Loka Karya PKS dengan Mitra Strategis yaitu mitra terdekat di sekitar kampus Unsoed, di antaranya aparat penegak hukum : Pengadilan Negeri (Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Brebes, Wonosobo, dan Purworejo), Pengadilan Agama (Purwokerto dan Purbalingga), Kejaksaan Negeri (Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, dan Purworejo), Polres (Banyumas, Purbalingga, dan Kota Pekalongan), KPKNL Purwokerto, Kantor Imigrasi (Cilacap dan Wonosobo), BNN Banyumas, Kantor Pertanahan (Purwokerto dan Purbalingga), Lembaga Pemasyarakatan Purwokerto, dan sejumlah kantor pengacara (law firm). Semua Mitra Strategis tersebut, nantinya untuk tempat magang mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed, Kata Prof.Ade.

Prof.Ade berharap ke depan makin banyak mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed yang akan kuliah di berbagai negara. Selanjutnya Prof.Ade juga berharap, selain mahasiswa magang di instansi atau lembaga pemerintah, juga mahasiswa FH Unsoed akan magang di berbagai sektor/bidang lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.

Diki/transakt.