Senin, 26 Oktober 2020 | 22:12 WIB

Wakil Bupati KBB, Hengky Kurniawan Mulai Atur Strategi Dengan Elin Suharliah Abubakar

foto

 

Wakil Bupati KBB, Hengky Kurniawan (kiri) bersama anggota DPRD Jabar dari PDIP yang juga mantan istri alm Abubakar, Elin Suharliah Abubakar (foto:istimewa).

www.transaktual.com

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengky Kurniawan terlihat makin “akrab” dengan mantan istri almarhum Abubakar, mantan Bupati KBB, Elin Suharliah Abubakar. “Kemesraan Hengky dan Elin Abubakar tersebut terlihat dari sebuah foto yang beredar dan diterima BandungKita.id. belum lama ini.

Dalam foto tersebut, Hengky yang kini sudah resmi menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) duduk bersebelahan dengan Elin Abubakar. Keduanya kompak mengenakan pakaian kebesaran PDIP, kemeja berwarna merah lengan panjang dan berlogo Banteng Moncong Putih.

Hengky dan Elin tampak tersenyum menghadap kamera. Hengky yang juga mengenakan kacamata hitam tampak mengacungkan tiga jari sebagai simbol nomor urut PDIP di Pemilu 2019. Sementara Elin yang juga merupakan anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDIP terlihat mengepalkan tangan kanannya dan tersenyum ke arah kamera.

Sebenarnya selain mereka berdua, dalam foto tersebut juga terlihat ada sejumlah kader PDIP lainnya seperti Ketua DPC PDIP KBB Ida Widaningsih dan anggota DPRD KBB Iwan Ridwan serta sejumlah kader lainnya.

Namun tentu saja, semua mata tertuju kepada dua sosok yang duduk bersebelahan di tengah yakni sosok Hengky Kurniawan dan Elin Suharliah Abubakar. Wajar, karena keduanya paling dikenal diantara kader PDIP lainnya yang terdapat pada foto tersebut, terutama oleh masyarakat KBB.

Foto kemesraan Hengky dan Elin pun membuat heboh netizen terutama warga KBB. Foto tersebut dengan cepat menyebar di media sosial. Bahkan tak sedikit yang mengedit dengan memotong foto utuh dengan hanya menyisakan Hengky dan Elin Abubakar.

Lalu seperti apa tanggapan Hengky Kurniawan mengenai beredarnya foto tersebut. Kapan dan dimana foto itu diambil? Apakah itu kode jika keduanya siap-siap membangun kekuatan untuk “nyalon” atau “manggung bersama” di Pilkada KBB 2024?

Terlebih bukan rahasia umum lagi, jika hubungan Hengky Kurniawan dan Bupati KBB Aa Umbara tak terlalu harmonis. Keduanya sangat jarang terlihat bersama dalam suatu kegiatan di masyarakat. Bahkan Hengky hampir tidak dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan atau pengambilan keputusan di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Tak heran, banyak netizen dan masyarakat KBB yang mengartikan foto tersebut sebagai sinyal keduanya akan “bersatu” atau menggalang kekuatan untuk merebut kepemimpinan dari Bupati Aa Umbara pada Pilkada KBB 2024. Namun benarkah demikian?

Kepada BandungKita.id, Wabup KBB Hengky Kurniawan mengakui memang benar dirinya dan Elin Abubakar yang ada dalam foto yang sedang ramai diperbincangkan tersebut. Menurut Hengky, foto tersebut diambil pada acara Rakernas PDIP di Jakarta belum lama ini.

 “Iya betul itu foto saya. Tapi memang saya sama Bu Elin ini lumayan deket. Udah kayak sama ibu sendiri. Tapi deketnya sudah sejak lama. Bukan baru sekarang-sekarang,” ujar Hengky.

Dijelaskan Hengky, bahwa kedekatannya dengan Elin Abubakar sudah terjalin sejak dirinya belum mencalonkan wakil bupati KBB mendampingi Aa Umbara. Namun, kata dia, dirinya makin dekat lagi ketika Hengky secara rutin bersilaturahmi dengan mantan Bupati KBB almarhum Abubakar ketika sedang sakit.

 “Ketika Pak Abu sakit, saya sering menjenguk beliau. Bagaimana pun Pak Abu adalah orangtua kita dan jasanya sangat besar buat Bandung Barat. Dari situ saya sering komunikasi dengan Bu Elin. Sudah kayak ibu sendiri. Kebetulan usia beliau sama ibu saya, enggak jauh,” elak Hengky saat ditanya “kemesraannya” dengan mantan istri orang nomor satu di KBB tersebut.

Hengky pun mengaku bahwa foto tersebut merupakan foto biasa. Ia mengaku tidak tahu menahu jika foto dirinya dengan Elin Abubakar menjadi heboh di masyarakat.

Kader baru PDIP tersebut juga mengaku belum memikirkan politik atau pilkada. Menurutnya, pilkada masih jauh. Hengky memastikan dirinya saat ini hanya fokus untuk melayani dan melaksanakan program-program Pemkab Bandung Barat untuk masyarakat KBB.

“Tapi memang ke depan saya berencana menggelar acara bareng dengan Bu Elin. Tapi ini sebagai sesama kader partai, bukan yang lain-lain ya. Itu sesuai pesan Bu Mega, bahwa kader PDIP jangan hanya berwacana dan pencitraan, tapi harus berbuat untuk masyarakat dan memperjuangkan hak-hak masyarakat,” kata Hengky sambil tersenyum.

Hengky justru lebih senang membahas pengalamannya ketika untuk pertama kalinya mengikuti acara PDIP di tingkat nasional yakni Rakernas PDIP. Ia mengaku memiliki kesan mendalam ketika hadir di acara Rakernas PDIP yang dihadiri ribuan kader PDIP dari seluruh Indonesia tersebut.

“Saya merinding ketika melihat arena Rakernas jadi lautan merah. Saya melihat semua egaliter. Semua setara. Tidak ada jarak. Apalagi ketika diputarkan video perjalanan Bung Karno. Serasa aura Bung Karno hadir di ruangan. Itu membuat kita merinding,” tutur Hengky.

 

(M Zezen Zainal M/transakt)