Selasa, 26 Maret 2019 | 23:39 WIB

Gubernur Jabar Bersama Forkopimda Jamin Rasa Aman Umat Kristiani Merayakan Natal

foto

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat meninjau pelaksanaan Malam Natal 2018 di Kota Bandung, Senin (24/12/18) malam. Humas Prov Jabar.

www.transaktual.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat meninjau pelaksanaan Malam Natal 2018 di Kota Bandung, Senin (24/12/18) malam. Dia pun bersama aparat terkait akan menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam beribadah.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan Malam Natal di beberapa gereja di Kota Bandung bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Irman Sugema.

"Saya dengan Forkopimda Jawa Barat berkeliling untuk memastikan pengkondisian yang sudah dilakukan oleh aparat. Dan saya monitor sejauh ini lancar, tidak ada dinamika-dinamika yang tidak dikehendaki," ujar Emil.

Gereja pertama yang dikunjungi Emil dan rombongan yaitu Gereja Santo Petrus di Jl. Merdeka No. 14, Kota Bandung. Emil berpesan kepada umat Kristiani agar melaksanaan perayaan Natal dengan aman dan nyaman.

"Kami memberi pesan, umat Kristiani silahkan beribadah seluas-luasnya, senyaman-nyamannya. Insyaallah dari pemerintah provinsi (Jawa Barat), Pangdam (III/Siliwangi), dan Kapolda (Jawa Barat) akan menjamin urusan keamanan dan kenyamanan," pesannya.

"Silahkan laporkan juga kalau ada hal-hal yang meresahkan atau kurang nyaman," pintanya.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan umat Kristiani di Gereja Santo Petrus, Emil menuturkan bahwa dirinya merasa bahagia melihat wajah bahagia umat Kristiani yang sedang merayakan Natal. Emil juga sekaligus memohon doa bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah bencana Tsunami di Banten dan Lampung.

“Malam ini kami sengaja hadir untuk ikut berbahagia juga menghaturkan selamat berbahagia untuk esok Natal 2018. Kita doakan sama-sama kedamaian ada di hati kita, kedamaian ada di masyarakat, dan kedamaian hadir untuk negara,” tutur Emil dalam sambutannya.

“Saya mohon nanti ada doa khusus untuk saudara-sudara kita dan seluruh bangsa Indonesia agar dikuatkan dalam kesedihan yang terjadi di beberapa tempat di sana,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto. Pihak kepolisian bersama TNI berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua warga Jawa Barat, termasuk umat Kristiani yang sedang merayakan Natal.

“Memang menjadi kewajiban saya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua masyarakat, termasuk juga umat Kristiani yang malam ini melaksanakan kegiatan agama,” ucap Agung dalam sambutannya di hadapan umat Kristiani di Gereja Santo Petrus.

“Polri berkomitmen dibantu dengan TNI -- dalam hal ini Kodam III/Siliwangi, bersatu padu untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Selamat Hari Natal 2018 dan kita songsong Tahun 2019 menjadi tahun yang kasih dan damai,” tambahnya.

Sementara itu, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto juga menjamin dan memastikan, bahwa seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan aman. Kodam III/Siliwangi pun memberikan ucapan Selamat Natal untuk umat Kristiani.

“Kami merasa bangga berada di sini dan kami ingin menjamin, memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Natal semuanya berjalan dengan lancar, damai, dan aman,” ungkap Nurchahyanto dalam sambutannya di hadapan umat Kristiani di Gereja Santo Petrus.

“Kami atas nama TNI di Kodam III/Siliwangi ini menyampaikan Selamat Natal bagi Umat Kristiani. Damai di hati, damai di bumi, dan selamat melaksanakan rangkaian kegiatan ini dengan damai dan lancar, serta aman,” tandasnya.

Usai dari Gereja Santo Petrus, rombongan kemudian bertemu umat Kristiani yang sedang merayakan Natal di Gereja Injil Indonesia di Jl. Cikapayang No. 3, Kota Bandung. Lalu, Emil dan rombongan melanjutkan peninjauan Misa Natal di Gereja Kristen Indonesia di Jl. Maulana Yusuf Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, Emil juga menambahkan, bahwa peninjauan Malam Natal ini tidak hanya dilakukan di Kota Bandung, namun juga dilakukan oleh para kepala daerah di seluruh wilayah Jawa Barat.

"Ini tidak hanya dilakukan di Bandung, tapi juga di 27 kota/kabupaten yang melaksanakan kegiatan serupa oleh kepala daerah dan aparat Forkopimdanya. Kita harapkan 2018 ini sangat lancar," ujarnya.

(Ferr,tarungnews/transakt)