Selasa, 18 Sepember 2018 | 22:20 WIB

FT Universitas Pasundan (Unpas) Rancang Strategi Hadapi Globalisasi tahun 2021

foto

 

Universitas Pasundan (Unpas) Rancang Strategi Hadapi Globalisasi tahun 2021.

www.transaktual.com

Milenium ke tiga yang merupakan era globalisasi dan informasi, perguruan tinggi dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) diyakini menjadi penggerak utama pembangunan menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat. Bagi dunia pendidikan, perubahan politik, ekonomi, sosial, budaya merupakan tantangan yang kompleks dan saling berkaitan. Disisi lain hal tersebut menuntut adanya penguasaan dan pemanfaatan IPTEK secara tanggap dan strategis.

Universitas Pasundan (UNPAS) dalam menghadapi tantangan global yang  semakin kompleks, selain harus memenuhi tuntutan lokal dan nasional, juga harus berusaha menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Menghadapi tantangan tersebut, UNPAS berupaya mengembangkan rencana strategisnya untuk menghadapi global di tahun 2021. Acara yang diselenggarakan di The bazaar hotel Bangkok  Tanggal 9-11 september 2018  ini diharap akan meningkatkan kualitas kerja ke arah yang lebih di lingkungan FT Unpas.

Universitas Pasundan (UNPAS) berkomitmen untuk berperan sebagai kekuatan intelektual dengan keunggulan berbasis pengetahuan (knowledge society), maka diperlukan Rencana Strategis yang dibangun berdasarkan Visi dan Misi UNPAS yang sesuai dengan potensi yang dimiliki, permasalahan yang dihadapi dan berbagai kecenderungan (perubahan lingkungan nasional maupun global) yang sedang dan akan berlangsung.

Berdasarkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan berbagai tujuan dan sasaran yang akan dicapai empat tahun ke depan. Berdasarkan tujuan dan sasaran tersebut, selanjutnya dirumuskan skenario untuk mencapainya. Skenario yang dimaksud meliputi strategi dan program pengembangan yang perlu ditempuh, beserta indikator-indikator keberhasilannya.

 (Budi Chaerul/transakt)