Selasa, 11 Agustus 2020 | 02:45 WIB

Kepala Desa Sorkam Kanan Berhentikan Perangkat Desanya Diduga Cacat Hukum

foto

 

Kepala Desa Sorkam Kanan Berhentikan Perangkat Desanya Diduga Cacat Hukum.

Tapteng (Trans Aktual)

Sungguh tak diduga perilaku Aidan Kepala Desa Sorkam Kanan Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah yang memberhentikan seorang aparat desanya bernama Syapriandi selaku kepala urusan pembangunan tanpa ada kesalahan atau tanpa permintaan sendiri.

Menurut Syapriandi saat ditemui Wartawan Trans Aktual di tempat tinggalnya belum lama ini mengaku atas pemberhentiannya tersebut sangat kecewa, mengingat hubungan mereka sebelum Kepala Desa cukup baik dan satu-satunya pendukungnya dalam pencalonan menjadi Kepala Desa ikut Syapriandi sendiri.

Namun anehnya tiba-tiba dengan tidak berapa lama Syapriandi diberhentikan dari aparat desa katanya saya mengundurkan diri padahal sama sekali saya tidak pernah membuat surat pengunduran diri sebutnya kepada Trans Aktual.

Menurut Syapriandi pemberhentian atas dirinya oleh Kepala Desa Sorkam Kanan diduga kuat adalah memperdaya peraturan menteri dalam negeri RI No.67 tahun 2017 tentang Perubahan atas peraturan menteri dalam negeri No.83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Hal tersebut dibuktikan dengan surat keputusan Kepala Desa Sorkam Kanan No.03-A tahun 2019 tertanggal 3 Juni 2019 dengan isi memberhentikan Syapriandi dari jabatan Kepala Urusan Pembangunan dan mengangkat Suryadi Simatupang pada jabatan kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan dengan mencantumkan alasan peraturan Menteri Dalam Negeri No.67 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri No.83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Padahal bunyi pasal 12 ayat 1 dan 2 dari Permendagri No.67 Tahun 2017 telah bertentangan dengan surat yang dikeluarkan Kepala Desa Sorkam Kanan tersebut sebut Syapriandi dengan kesal, yang seharusnya saya tak dapat diberhentikan Kepala Desa Sorkam Kanan berdasarkan peraturan tersebut kecuali telah habis masa tugas saya sesuai dengan surat keputusan pengangkatan saya, dengan alasan ayat 1 berbunyi : Perangkat desa yang diangkat  sebelum ditetapkannya peraturan menteri ini tetap melaksanakan tugas sampai habis masa tugasnya berdasarkan surat keputusan pengangkatannya.

Ayat 2 berbunyi : Perangkat desa sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diangkat secara periodisasi yang telah habis masa tugasnya dan berusia kurang dari 60 tahun diangkat sampai dengan 60 tahun.

Atas tindakan Aidan Kepala Desa Sorkam Kanan tersebut menurut Syapriandi Kepala Desa Sorkam Kanan Aidan telah menentang Permendagri No.67 Tahun 2017, apalagi pada bunyi pasal 5 ayat 2B terang-terangan disebut permintaan sendiri, padahal saya tidak pernah membuat surat pemberhentian saya kepada kepala desa sorkam kanan atau bentuk surat apapun yang berisikan menyatakan saya untuk berhenti menjadi aparat Desa Sorkam Kanan.

Atas keterangan Syapriandi kepada Trans Aktual mengatakan bila berita ini terbit semoga Bupati Tapanuli Tengah kiranya dapat membacanya sebutnya mengakhiri.

(dp/transakt)

 

Pandan, 08 Februari 2020

Pengirim Berita, DAFTAR PASARIBU