Rabu, 24 Oktober 2018 | 05:55 WIB

Prabowo-Sandi dan Jokowi–Ma'ruf Amin, Dua Pasangan Capres dan Cawapres RI 2019-2024

foto

 

Prabowo-Sandi dan Jokowi – Ma;ruf Amin, Dua pasangan Capres dan Cawapres RI 2019-2024

www.transaktual.com

Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019 akhirnya terpecahkan. Prabowo dan koalisinya bersama PKS dan PAN memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Ketua DPD Gerindra Jawa Barat, Mulyadi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, Prabowo dan Sandi akan dideklarasikan siang ini di rumah Prabowo Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel.

"Rencana di Kertanegara," kata Mulyadi kepada awak media.

Menurut Mulyadi, deklarasi Prabowo dan Sandiaga akan dilakukan siang nanti. Namun, Mulyadi ogah menerangkan, status Prabowo dan Sandi yang sama-sama sebagai kader Gerindra.

"Sebelum jam 12 siang ini," singkat Mulyadi. Nama Sandiaga Uno memang tiba-tiba mencuat sejak Rabu (8/8) malam kemarin.

Jokowi : Yang mendampingi saya sebagai Cawapres KH Ma'ruf Amin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan Ketua MUI KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Keputusan itu, diambil setelah konsultasi dengan berbagai pihak.

"Saya ingin menyampaikan sebuah keputusan sangat penting setelah perenungan dan mempertimbangkan dan saran-saran berbagai elemen masyarakat pada bagian awal tadi saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan partai koalisi yaitu Indonesia Kerja bahwa yang mendampingi saya sebagai Cawapres 2019-2024 adalah Prof KH Mar'uf Amin," kata Jokowi usai rapat bersama ketum dan sekjen partai koalisi, Jakarta, Kamis (9/8).

Jokowi menambahkan, keputusan maju kembali di periode kedua merupakan tanggung jawab besar untuk meneruskan cita-cita bangsa.

"Dengan mengucap Bismilah saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden Indonesia 2019-2024," tuturnya.

Rencananya, deklrasi akan dilakukan di Tugu Proklamasi. Jokowi dan KH Ma'ruf Amin akan mendaftar ke KPU pada Jumat pagi.

 [eko/transakt]