Selasa, 18 Sepember 2018 | 22:46 WIB

SETIA UNTUNG ARIMULADI: TINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME

foto

 

SETIA UNTUNG ARIMULADI: TINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME.

Jakarta – www.transaktual.com

Dalam menghadapi tuntutan Reformasi Birokrasi dan perubahan-perubahan kedepan yang cepat,diperlukan suatu upaya dalam membangun kemampuan SDM ( Sumber Daya Manusia ) aparat Kejaksaan melalui strategi kebijakan pengembangan SDM ASN ( Aparatur Sipil Negara ) serta pelatihan dalam jabatan structural yang mengarah kepada peningkatan kompetensi dan profesionalisme,sehingga dalam pelaksaan tugas dapat berjalan secara efisien,efektif dan berkulaitas untuk mewujudkan Visi dan Misi Kejaksaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi pada upacara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan 3 dan 4 yang berlangsung di lantai 6 Aula Adhyaksa Loka, Kampus B, Badan Diklat Kejaksaan RI, Cege r- Jakarta,Kamis ( 5/7/18 )

Kaban Diklat dalam sambutannya menambahkan,aparat Kejaksaan selaku ASN mempunyai peranan penting dan strategi dalam menyelesaikan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan khusunya dalam penegakan hokum.

“Oleh karena itu, dalam rangka menyelenggarakan tuigas-tugas tersebut,aparat Kejaksaan perlu dilatih melalui jalur pelatihan untuk mengembangkan kompetensinya,diantaranya adalah melalui pelatihan kepemimpinan guna mengembangkan kompetensi manajemen,termasuk didalamnya kompetensi kepemimpinan ASN Kejaksaan RI,” kata Untung dihadapan para  peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan 3 dan 4.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini diselenggarakan untuk membentuk kepemimpinan operasional pada pejabat structural eselon IV yang akan berperan dan melaksakan tugas dan fungsi diunit kerja masing-masing.

Adapun kompetensi yang dibangun pada pelatihan tersebut adalah, kompetensi kepemimpinan oprasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut,yang diindikasikan dengan sejumlah kemampuan diantaranya:

Membangun karakter dan sikap prilaku integritas sesuai dengan peratutan perundang-undangan dan kemapuan untuk menjungjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai norma,moralitas dan bertanggung jawab dalam memimpin unit instansinya.

Membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansinya, Melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi kearah efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan instnasi.

Melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna mewujudkan pelaksaan kegiatan yang lebih efektif dan efisien.Mengoptimalkan seluruh potensi sumebr Daya Internal dan eksternal organisasi dalam implementasi kegiatan unit instansinya.

Mengakhiri sambutannya,kaban Diklat berharap seluruh peserta dapat mengikuti seluruh program Diklat ini dengan baik,memgang teguh disiplin dan ketulusan hati selaku insane adhyaksa .

“ yang diharapkan pada suatu saat nanti,akan mampu mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan secara baik,” pesan Untung.

( Muzer/transaktual )