Sabtu, 23 Februari 2019 | 13:20 WIB

PT Inalum Diharapkan Serius Melestarikan Danau Toba

foto

 

PT Inalum Diharapkan Serius Melestarikan Danau Toba.

Samosir, www.transaktual.com

Pelestarian Danau Toba wajib secara serius dilakukan PT Inalum. Himbauan ini dilontarkan Bupati Samosir,Rapidin Simbolon kepada Plt Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih beserta rombongan pada kunjungan kerja ke Samosir pada Jumat (18/1/2019) di rumah Dinas Bupati. 

Maksud pelestarian oleh Bupati Samosir berupa penanaman pohon yang berkelanjutan di areal kehutanan yang belum ditanami dan tanah masyarakat yang ditelantarkan demi debit air Danau toba yang lestari. Dan juga dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke kawasan Kabupaten Samosir lebih besar dibandingkan dengan daerah lainnya. Dalam penyaluran CSR agar tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir agar hasilnya efektif. 

Rapidin menekankan pembagian Pajak Air Permukaan (PAP) Danau Toba lebih proporsional sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam aturan itu disebutkan bahwa kewenangan memungut pajak APU adalah Pemprov Sumut, yang kemudian dibagi kepada 10 kabupaten/kota.

Ditegaskan Rapidin, dalam perhitungan pajak APU agar mengikutsertakan pemerintah kabupaten/kota se-Kawasan Danau Toba. Ia berharap dana bagi hasil pajak APU tersebut dapat direalisasikan pada TA 2019, agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pembangunan di kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba.

Oggy Achmad Kosasih mengatakan, pihaknya terus memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pelestarian alam, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba. Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggung jawab sosial yang mencakup berbagai bidang.

(japos/Aliman Limbomg/transaktual)