Rabu, 23 Januari 2019 | 04:19 WIB

Geucik Panton Makmu Abdya Berdayakan Pemuda Putus Sekolah

foto

TRANSAKTUAL.COM, ACEH

Kepala Desa Panton Makmu, kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Muhammad Syam merasa prihatin kepada pemuda yang putus sekolah.

Hal tersebut di sampaikannya di ruang kantor desa setempat, Jum'at, (4/1/2019).

Dia mengiginkan pemudan dan mahasiswa yang putus sekolah memiliki keterampilan atau skil khusus di bidang entrepreneurship.

"Kita menginginkan pemuda-pemudi kita memiliki keahlian dan keterampilan masing-masing untuk menopang hidupnya dimasa mendatang," kata kepala desa didampingi Sekdes, Ridwan.

Untuk menghujudkan mimpinya, pejabat desa setempat melakukan beberapa program alternatif seperti, pelatihan menjahit, meng-Las dan beberapa keterampilan lainnya.

Kata dia, mana tahu kedepan mereka merantau di daerah orang, minimal mereka sudah bisa bekerja meskipun sebagai kirnet.

"Muda-mudahan dengan adanya pelatihan seperti ini, kedepan mereka dapat membuat usaha masing-masing," harapnya.

Dia mengaku, sejumlah kegiatan yang di laksanakan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2018.

"Sekarang kita lagi melaksanakan pelatihan Las," sebutnya.

Dia mengaku sejumlah peserta pelatihan sedang mebuat tratak. Nantinya, kata dia, tratak ini akan kita jadikan aset desa.

Selain membuat beberapa pelatihan, pihaknya mengaku telah mengadakan beberapa aset desa, seperti Galon air, satu unit becak piar, tiga unit becak biasa, cetak batako dan satu moler pengaduk semen.

"Penghasilan dari itu, kita jadikan sebagai kas desa." Sebutnya.

Sementara itu, Syamsuar selaku tokoh masyarakat mengatakan kegiatan pemberdayaan masyarakat sangat berguna bagi mereka kedepan.

"Kita sebagai masyarakat sangat bersykur dengan adanya kegiatan seperti ini. mudah-mudahan kedapan semakin banyak program yang ditempuh desa untuk peningkatan kualitas masyarakat," ungkap Syamsuar.

(Arm/transakt)