Selasa, 13 November 2018 | 14:48 WIB

Badan Kesbangpol Kab. Tapteng Gelar Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di Kecamatan Sarud

foto

 

Badan Kesbangpol Kab. Tapteng Gelar Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di Kecamatan Sarudik.

www.transaktual.com

SARUDIK – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tapanuli Tengah (Bakesbangpol Kab. Tapteng) menggelar Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kecamatan Sarudik bertempat di Aula Kantor Camat Sarudik, Selasa (23/10/2018). Acara ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan Doa.

Dalam sambutannya, Camat Sarudik Rahmadiah Hanum SE MM mengharapkan melalui Sosialisasi FKDM ini dapat menambah wawasan bagi peserta untuk senantiasa dapat menerapkan kewaspadaan dini masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentu ada harapan kepada masyarakat Kecamatan Sarudik agar Sosialisasi FKDM ini dapat menambah wawasan bagi peserta. Sosialisasi ini kiranya bisa diterapkan dalam kehidupan kita sebagai diri pribadi, keluarga, dan masyarakat, tetap waspada dalam segala hal, terutama pada anak-anak generasi penerus bangsa ini. Harus ada setiap hari komunikasi yang baik di dalam rumah tangga antara ibu, bapak, dan anak-anak, setidaknya komunikasi saat sarapan pagi atau makan malam bersama keluarga. Jauhi narkoba dan barang apapun yang dapat merusak generasi bangsa ini,” kata Camat Sarudik.

Camat Sarudik mengharapkan perlunya koordinasi yang baik dan juga berjenjang dalam penerapan kewaspadaan dini untuk dapat mendukung ketertiban dan keamanan masyarakat.

FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang terbentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, kewaspadaan masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarkat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik itu bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia. Kewaspadaan dini yang menjadi perhatian bersama bukan hanya dari eksternal tapi juga internal, seperti mengenai perkembangan anak-anak dan penyakit sosial. FKDM juga diharapkan mampu menyerap informasi yang berkembang serta turut melakukan pencerahan sehingga terciptanya tujuan Pemerintah. Tujuan Pemerintah yang utama adalah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan umum, dan meningkatkan daya saing.

Sosialisasi FKDM ini menghadirkan Narasumbernya terdiri atas Ketua FKDM Kab. Tapteng H. Marasati Gultom (Pensiunan TNI AD) dan Danramil Pandan Kapten Infantri Aser Sirait, mewakili Kepala Bakesbangpol Kab. Tapteng Agusman Simanjuntak SPd.

Turut hadir mengikuti Sosialisasi FKDM ini, yaitu Lurah dan Kepala Desa, Kepala Lingkungan (Kepling), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Adat yang ada di 4 kelurahan dan 1 desa di Kecamatan Sarudik.

(Horas m.Htg/transaktual)