Senin, 25 Maret 2019 | 19:06 WIB

Plt Dirut BJB Syariah Yocie Gusman, Ditetapkan Menjadi Tersangka

foto

 

Plt Dirut BJB Syariah Yocie Gusman, Ditetapkan Menjadi Tersangka.

JAKARTA – www.transaktual.com

Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri menetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PT Bank Jabar Banten (BJB) Syariah, Bandung, Yo­cie Gusman, sebagai tersangka. Dia terlibat dalam kasus penyaluran kredit macet kepada PT Hastuka Sarana Karya.

“Pemberian kredit itu dilakukan dalam rangka pembi­ayaan pembangunan proyek Garut Super Blok tahun 2014–2015. Tersangka atas nama Yocie Gusman,” kata Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Pol Indarto, di Jakarta, beberapa waktu lalu dalam jumpa pers.

Menurut Indarto, penetapan tersangka ini setelah di­lakukan gelar perkara pada Senin (20/11). Yocie berperan sebagai penanggung jawab dalam memberikan kredit fik­tif kepada PT Hastuka Sarana Karya sebagai debitur untuk membeli kios pada proyek Garut Super Blok dengan plafon sebesar 566,45 miliar rupiah. Yang bersangkutan memberi­kan pembiayaan pembangunan Garut Super Blok, namun dengan cara melawan hukum.

Indarto mengatakan pihaknya akan memanggil ter­sangka Yocie untuk diperiksa. Sejauh ini ada 180 saksi telah diperiksa, termasuk meminta pendapat lima ahli, yakni tiga ahli keuangan negara, seorang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan seorang dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penyidik mengendus adanya tindak pidana korupsi da­lam kerja sama pembiayaan antara PT BJB Syariah dan PT Hastuka Sarana Karya untuk membiayai proyek Garut Su­per Blok tahun 2014–2015.

(transakt)