Sabtu, 15 Desember 2018 | 07:17 WIB

Tim Penggerak PKK Kab. Tapteng dan Dinas PMD Laksanakan Pembinaan Di Desa Satahi Nauli Kec.Kolang

foto

 

Tim Penggerak PKK Kab. Tapteng dan Dinas PMD Kab. Tapteng Laksanakan Pembinaan Di Desa Satahi Nauli Kecamatan Kolang Sebagai Lokasi Desa Percontohan PT.P2W-KSS Tahun 2018.

Trans Aktual.com

KOLANG – Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Tapteng melaksanakan pembinaan terhadap Penetapan Desa Percontohan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT.P2W-KSS) Tahun 2018 di Desa Satahi Nauli Kecamatan Kolang, Kamis (08/11/2018).

Kepala Dinas (Kadis) PMD Kab. Tapteng Sunardi, S.Sos yang diwakili Kabid Pengembangan Budaya dan Sosial Dasar Handanu Vanero ST dalam sambutannya mengatakan P2W-KSS harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya perempuan dan keluarga yang ada di Desa Satahi Nauli Kecamatan Kolang, sebagai Desa Percontohan binaan untuk tahun 2018.

“Tujuan dari P2W-KSS ini adalah menanggulangi kemiskinan, mencapai pendidikan untuk semua, pemberdayaan perempuan untuk peningkatan perekonomian keluarga, dan dapat meningkatkan kemampuan perempuan menuju keluarga sejahtera,” kata Kadis PMD Kab. Tapteng yang dibacakan oleh Kabid Pengembangan Budaya dan Sosial Dasar.

Handanu Vanero ST menjelaskan bahwa warga binaan sudah mendapatkan pelatihan jahit-menjahit dan menerima sumbangan berupa mesin jahit, mesin jahit pinggir, dan peralatan lain yang mendukung proses latihan. Pelatihan kedua yang diadakan adalah pelatihan tata rias rambut dan wajah.

“Kami berharap kegiatan yang telah diikuti dapat lebih dikembangkan lagi. Mari jadikan pelatihan ini untuk mewujudkan tujuan dari P2W-KSS. Nanti bulan Desember minggu pertama 2018 ini, Tim evaluasi dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara akan mengevaluasi kegiatan yang telah di lakukan di Desa Satahi Nauli. Untuk itu, mari kita bekerja sama untuk menyukseskan acara tersebut dan berharap kita dapat menjadi pemenang di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, setiap OPD terkait menyampaikan berbagai bentuk masukan dan dukungan untuk mensukseskan P2W-KSS di Desa Satahi Nauli sebagai Desa Percontohan 2018 dan menghimbau kepada masyarakat, khususnya warga binaan agar segera membuat usulan pengajuan kepada setiap OPD teknis terkait.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diwakili Sekretaris TP. PKK Siti Syarifah Simanjuntak, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) meliputi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Tioprida Sitompul SE, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Berlin Doloksaribu SE, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Sudarman Pasaribu SP, serta perwakilan OPD, Camat Kolang, Kepala Desa dan BPD Desa Satahi NauliKetua dan jajaran TP PKK Kecamatan Kolang, TP PKK Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kolang, LPM, Kader PKK Desa Satahi Nauli, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, Warga Binaan dan Kelompok Lansia Kecamatan Kolang.

Horas m.Hutagalun