Rabu, 24 Oktober 2018 | 06:29 WIB

HUT TNI Ke 73, Kodam III Siliwangi, digelar Di Lapangan Gasibu Bandung Jawa Barat

foto

 

HUT TNI Ke 73, Kodam III Siliwangi, digelar Di Lapangan Gasibu Bandung Jawa Barat.

www.transaktual.com

Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI).yang ke 73 di Gasibu Bandung,Jumat 05-10-2018. Dilaksanakan dengan hikmah dan meriah, Sejarah pembentukan TNI pada 5 oktober tepat satu bulan lebih setelah kemerdekaan.

Hal ini tertuang dalam sebuah Maklumat dari pemerintah yang ditetapkan sebagai tanggal kelahiran TNI. “HUT ke–73 TNI tahun 2018 ini mengusung tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat dengan mengandung makna bahwa TNI merefleksikan tekad dan semangat serta berbuat yang terbaik untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, menyampaikan, bahwa peringatan tahun ini ada lokasi peringatan khusus yang dipusatkan di empat titik di Indonesia.

Antara lain di Sabang, Merauke, pulau Miangas, dan di pulau Rote. Di sisi lain, untuk menyemarakkan momen tersebut, digelar pula pameran alat berat hingga berbagai purwarupa persenjataan, dalam pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Pameran ini merupakan ajang pengenalan kepada masyarakat, terutama para pelajar untuk lebih dekat dengan TNI.

Tujuan lain dari acara ini adalah untuk menumbuhkan rasa bangga bangsa Indonesia terhadap TNI. Bukan tanpa alasan, persenjataan TNI digunakan untuk menjaga rakyat dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab maupun dari kemungkinan invasi luar negeri. Pameran ini mengajak seluruh masyarakat Jabar, khususnya Kota Bandung untuk ikut serta dalam kegiatan pameran Alutsista yang dimulai tanggal 5 sampai 7 Oktober 2018 ini. Lantaran, segala informasi mengenai TNI bisa ditanyakan dan dipelajari.

Pameran ini pun bisa dipilih sebagai ajang rekreasi alternatif dan pembelajaran bagi generasi muda. Tidak hanya memamerkan alat tempur saja, bahwa TNI juga menyelenggarakan beberapa kegiatan, seperti bakti sosial kesehatan, donor darah, pembagian sembako, dan karya bakti pembersihan Sungai Citarum. Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menyampaikan ucapan selamat atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk dirgahayu TNI ke-73 tahun.

"Saya sangat bangga apalagi per hari ini menurut survei, tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat diraih oleh TNI. Ini menandakan TNI sangat profesional, selalu dekat dan mencintai rakyat, karena saat rakyat kesusahan dan membutuh pertolongan, TNI selalu terdepan menjaga pertahanan dengan tingkat kepercayaan tertinggi. Ini saya kira mewakili perasaan kita semua. Pemerintah provinsi juga sangat terbuka terhadap sosialisasi TNI,”Tutur Kang Emil. Oleh karena itu, Emil pun amat menyambut baik pameran Alutsista sebagai wadah sosialisasi TNI untuk lebih dekat dengan rakyat.

Pameran Alutsista ini pun, kata dia, bisa menjadi ajang edukasi bagi generasi muda. Di akhir puncak HUT ke-73 TNI,diisi dengan kegiatan parade, pertunjukan bela diri, kolaborasi musik, demo tehnik penangkapan ular king cobra oleh personil Pusdikpassus, aero modelling dan pameran alutsista yang bertempat di depan Gedung Sate.

(transaktual/FANNY).