Selasa, 18 Sepember 2018 | 22:04 WIB

Ridwan Kamil dan M Iriawan Sertijab Gubernur Jabar Hari ini

foto

 

Ridwan Kamil dan M Iriawan Sertijab Gubernur Jabar Hari ini .

www.transaktual.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (6/9). Sertijab dilakukan dari Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Mochamad Iriawan kepada Ridwan Kamil -Uu Ruzhanul Ulum.

Menurut Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa, sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, usai pelantikan harus segera dilaksanakan sertijab. Sesuai aturan itu, maka usai pelantikan Ridwan-Uu di Istana Negara pada Rabu (5/9) setelahnya digelar sertijab.

"Dilanjutkan dengan penyampaian pidato visi misi gubernur Jawa Barat masa jabatan 2018-2023 pada rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Jawa Barat di Gedung DPRD Jabar," kata Iwa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/9).

Iwa menjelaskan pada sertijab juga akan ditandatangani berita acara sertijab gubernur Jawa Barat dan penyerahan memori jabatan dari Iriawan kepada Ridwan Kamil.

"Setelah penyerahan cinderamata, dilaksanakan prosesi pedang pora untuk melepas Bapak Iriawan," ujarnya.

Menurut Iwa, sertijab ini akan juga dimeriahkan oleh Bimbo dan dihadiri 429 undangan dari unsur pemerintah daerah, legislatif, yudikatif, tokoh masyarakat, inohong (orang penting), kepala daerah kota/kabupaten, kepala perangkat daerah, organisasi masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat.
"Jumlah ini ditambah 1.500 orang undangan lainnya. Estimasi ada lebih kurang 2.000 orang akan memadati Gedung Sate dan halaman," jelasnya.

Untuk itu, Iwa memohon pemakluman masyarakat sekitar atau yang melintasi Gedung Sate atas kepadatan yang akan ditimbulkan.

"Mohon maaf atas ketidaknyamannya, dan mohon doa serta dukungan untuk kelancaran acara serta keberlangsungan roda pemerintahan Provinsi Jawa Barat," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melantik sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur Hasil Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara, Jakarta. Salah satunya yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih periode 2018-2023, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

(hyg/transakt)