Senin, 16 Juli 2018 | 03:47 WIB

Jelang Asia Games 2018 Polres Subang Lakukan Giat Cipta Kondisi

foto

 

Jelang Asia Games 2018 Polres Subang Lakukan Giat Cipta Kondisi.

Subang, www.transaktual.com 

Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 dan menindak lanjuti perintah Kapolri dan Kapolda Jawa Barat, Polres Subang melalui Satreskrim Polres Subang melaksanakan Operasi Cipta Kondisi untuk memberantas kejahatan jalanan. Jumat (07/07/18).

Kapolres Subang AKBP Muhammad Jhoni didampingi Wakapolres, Kabag Ops Kom Pol Kholik dan Kasat Reskrim Polres Subang AKP Moch.Ilyas Rustiandi mengatakan, ada sekitar 150 orang  yang berhasil diamankan. Dua diantaranya dengan Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat). Sedangkan yang lainnya ada tindak pidana pemerasan oleh aksi-aksi premanisme dan termasuk juga pungutan liar. Mereka itu dijerat dengan pasal 368.

” Ada pun modus operandi di tempat parkir liar, baik di terminal dan juga di pasar. Sedangkan yang sudah ada tindak pidananya akan kita proses hukum, selain itu, ada juga yang kita lakukan pembinaan termasuk indentifikasi sidik jari dan yang bersangkutan kita bina,” jelas Kapolres.

Selanjutnya Kapolres menegaskan, hal itu merupakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan. Namun waktunya tidak ditentukan sampai kapan. “ Operasi ini akan berkelanjutan sampai kita nyatakan aman Subang untuk dilakukan kegiatan Asean Games,”  ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, bahwa sesudah Asian Games pun operasi  terus dilanjutkan ke kegiatan tahun baru di akhir tahun 2018. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Subang.

Menurut Kapolres, banyaknya juru parkir liar yang selama ini keberadaan nya tidak dilengkapi identitas juga diamankan. Mereka didata dan diambil sidik jarinya oleh Sat Res Krim Polres Subang. Karena keberadaan  mereka dinilai sudah meresahkan masyarakat dan tidak dilengkapi identitas.

Dari hasil operasi tersebut, berbagai barang bukti hasil pungutan parkir liar dari berbagai wilayah yang semuanya masih di wilayah Hukum Polres Subang, turut diamankan. Mulai uang hasil pungutan dan termasuk Senjata Tajam (Sajam).

(Purwadhi/Kasatreskrim Polres Subang/transakt)