Selasa, 13 November 2018 | 14:04 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Segera Revitalisasi Kali Malang

foto

 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Segera Revitalisasi Kali Malang.

www.transaktual.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji menyulap Kali Malang, Kota Bekasi sekeren Sungai Cheonggyecheoon, Seoul, Korea Selatan. Proses pembangunannya akan dimulai tahun depan.

Pria yang akrab disapa Emil telah membagikan rencana revitalisasi Kali Malang tersebut, melalui akun instagram pribadinya, Rabu (12/9/2018). Dia mengunggah foto sungai Cheonggyecheoon bersanding dengan Kali Malang.

Emil mengungkapkan Kota Bekasi memiliki potensi sungai luar biasa yang bisa dimanfaatkan. Rencana penataan Kali Malang juga mendapat respon positif dari warga Kota Bekasi.

"Ada jalur air mengalir tapi teu dikukumaha (tidak digimana-gimanain) kita-kita begitu. Viral kan? Berarti warga Bekasi memendam keinginan yang biasa terhadap ruang hidupnya," kata Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

Namun begitu, dia belum mau menjelaskan secara rinci mengenai konsep penataan yang akan dilakukan di Kali Malang. Saat ini dia mengaku, masih mendesain agar kali atau sungai tersebut menjadi lebih lebih indah.

"Ya, intinya sedang didesainkan agar itu menjadi tempat manusiawi ramah lingkungan dan percontohan air harus kita muliakan, kita hormati bukan sekedar jalur enginering," ujarnya.

Untuk tahap pembangunan sendiri, rencananya baru akan dimulai tahun depan. Tahun ini baru pada tahap perencanaan dan tahap teknis lainnnya.

"Semua tahun depan, perencanaan RINDU (Ridwan Kamil-Uu) mah ngabret (ngebut)," ucapnya.

(Transakt)