Selasa, 18 Sepember 2018 | 23:11 WIB

Survey Top of Mind Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil Unggul

foto

 

Burhanuddin Muhtadi dari Indikator Politik Indonesia (Yulida Medistiara/detikcom).

Jakarta – www.transaktual.com

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survey terhadap elektabilitas bakal calon gubernur 2018. Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum unggul 25,8%. 

Populasi survey ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survey dilakukan.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Survey dilakukan pada Maret, April, dan Mei 2018.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. 

Jumlah sampel basis sebesar 800 responden, dengan margin of errorsurvei +/- 3,5%. Jumlah total sampel sekitar 5.169 responden yang merupakan gabungan survei provinsi dengan sampel 800 responden dan tujuh survey wilayah dapil dengan jumlah sampel minimal 400 responden. Dalam analisis, data diboboti sesuai dengan proporsi pemilih di tiap kabupaten/kota.

Nama Ridwan Kamil berhasil memperoleh suara sebesar 25,8% jika ditanya siapa yang akan dipilih sebagai gubernur bila pemilihan dilakukan sekarang. Kemudian perolehan suara itu disusul Deddy Mizwar dengan 15,5%. 

"Top of mind itu artinya kita kasih pertanyaan tentang pilihan gubernur bila diadakan pada saat survei dilakukan tanpa dikasih pilihan jawaban apa pun kalau pakai pertanyaan ini pemilih yang jawab Ridwan Kamil 25,8 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparannya di kantor Indikator Politik Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2018). 

Calon yang dipilih sebagai gubernur bila pemilihan dilakukan sekarang adalah sebagai berikut: 
1. Ridwan Kamil 25,8% 

2. Deddy Mizwar 15,5% 

3. Sudrajat 2,2% 

4. Dedi Mulyadi 2,1% 

5. TB Hasanuddin 0,9% 

6. Ahmad Syaikhu 0,8% 

7. Uu Ruzhanul Ulum 0,2% 

8. Aton Charliyan 0,0 % 

9. Lainnya 1,5% 

10. Tidak tahu/tidak jawab/rahasia 50,9% 

Kemudian, setelah dikerucutkan menjadi 4 nama simulasi dengan pertanyaan siapa yang dipilih sebagai gubernur bila pemilihan digelar sekarang, Ridwan Kamil tetap unggul dengan meraih 39,5%. Disusul Deddy Mizwar 36,3%. 

"Ketika kita kerucutkan pada simulasi 4 calon gubernur tanpa calon wakil. Yang berkurang adalah undecided sebelumnya ada 50% belum tentukan pilihan. Jika hanya 4 calon itu, sisa 18,1%, artinya tiap nama bertambah," kata Burhanuddin.

Hasil survei dengan pertanyaan 'seandainya pemilihan langsung Gubernur Jawa Barat dilaksanakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih' adalah: 

  1. Ridwan Kamil 39,5% 
  2. Deddy Mizwar 36,3% 
  3. Sudrajat 3,2% 
  4. TB Hasanuddin 2,9% 
  5. Tidak Tahu/ Tidak Jawab 18,1%

"Nah ini agak mendekati kertas suara. Meski kami waktu survei tidak pakai foto. Kemungkinan kalau foto ada dampaknya. Kita tidak pakai foto itu mungkin calon gubernur yang ganteng ada tambahan suara dari look-nya," imbuhnya. 

Turut hadir di lokasi Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa dan Ketua DPP Golkar Ace Hasan. 

(yld/dnu/transakt)